Kisah Hendro Siswanto, Terus Memperdalam Dunia Fotografi

  • 09-09-2019 / 15:24 WIB
  • Kategori:Arema
Kisah Hendro Siswanto, Terus Memperdalam Dunia Fotografi

MALANG – Gelandang Arema FC Hendro Siswanto memiliki kesibukan tambahan sekitar setahun terakhir. Dia mendalami dunia fotografi, yang kini mengisi hari-harinya selain bermain sepak bola. Bahkan, dia mempersenjatai hobi anyarnya itu nyaris seperti fotografer profesional.

Kini, tiga kamera dimiliki Hendro. Dua mirrorless dan satu kamera pocket. Ia memilih Fujifilm XT 20 dan Sony A7iii sebagai perangkat yang dia andalkan untuk menghasilkan karya fotografi, yang beberapa diantaranya dia unggah di galeri Instagramnya, @duabelasmoto. Sebelumnya dia sudah memiliki salah satu mirrorless pabrikan Cannon, namun dia ganti dengan yang terbaru, Sony A7iii.

“Sebenarnya saya tidak memiliki spesifikasi khusus untuk kamera yang saya pakai. Cuma dua kamera yang ada sekarang, satu dipakai sehari-hari, satunya lagi untuk support fotografi yang membutuhkan fokus lebih detil,” ujar Hendro Siswanto.

Ia menyebutkan, Sony A7iii memiliki stabilizer, yang sangat membantuunya. Misalkan untuk membidik hewan atau objek yang memerlukan fokus tinggi. Selain itu, bila dirinya ingin membuat video, stabilizer tadi membantu hasil video yang dia rekam juga lebih baik.

Pemain berusia 29 tahun itu memiliki Sony A7iii tersebut buah kerja kerasnya bersama Arema di ajang pramusim. Ia berhasil membawa tim Singo Edan juara yang membuatnya mendapatkan bonus untuk membeli kamera tersebut.

“Kalau untuk sehari-hari, saya pakai Fuji. Sony-nya sayang kalau untuk hari-hari biasa,” paparnya.

Sebelum itu, dia mengakui sudah memiliki kamera Fujifilm XA5. Namun, kamera tersebut telah dia jual. Sementara, untuk perangkat lensa, dirinya menggunakan lensa 23 mm dan tele 50-200. Untuk lensa yang terakhir, sering dia gunakan untuk membidik kegiatan outdoor dan olahraga, termasuk latihan sepak bola. Biasanya, dia mengajak saudaranya. Lalu, kamera tersebut digunakan untuk memotret aksinya di lapangan.

“Kalau yang Sony pakai 80mm. Sedangkan yang Fujifilm ada lensa kitnya juga,” tambah pria asal Tuban itu.

Hendro mengatakan, meski hobinya kini lumayan menguras kantong untuk membeli perangkat, sang istri mendukung. Malahan, Hendro pernah mendapatkan hadiah satu set lighting di momen ulang tahunnya. Alhasil, perlengkapan tersebut digunakan untuk membuat mini studio, yang dia gunakan untuk memotret.

Biasanya, Hendro akan mengajak teman-teman atau saudaranya untuk menjadi model. Hal ini terlihat dari galeri di akun Instagram yang dia khususkan memajang hasil bidikannya. 

Hendro sempat memiliki ide untuk berdandan tradisional hingga berdandan menyeramkan. Beberapa kali dia mendapatkan bantuan dari Amin ‘Pacho’ Sumantri, untuk berekspresi dan menelurkan ide. Kini, ratusan hasil jepretannya sudah dia pampang di Instagram.

“Istri saya mendukung. Ya itu, saya sampai dibelikan lighting. Katanya dari pada uang saya gunakan untuk yang tidak jelas,” sebut Hendro.

Sementara itu, Hendro menyampaikan dirinya belajar dari banyak orang untuk memotret. Bahkan, dia belajar secara online dari kelas fotografer ternama, Darwis Triadi.

Hanya saja mengenai hobi fotografer tersebut, dia masih belum tahu akan melanjutkan hobi tersebut atau tidak ketika sudah pensiun dari sepak bola. Pasalnya, dia mengatakan foto sekadar hobi, dan kini dia bermain sepak bola. Nantinya dia ingin menjadi pelatih dan juga berbisnis.

“Kalau fotografer, nggak tahu nanti. Sekarang itu, fotografi bagi saya sama dengan orang yang hobi mincing. Cuma saya hobi fotografi,” pungkas Hendro yang baru suka dengan fotografi sejak akhir tahun 2018 lalu. (ley/Malangpostonline.com)

Editor : ley
Uploader : irawan
Penulis : ley
Fotografer : ley

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU