Tunggu Panen, Biji Kopi Tulang Diprediksi Capai 1 Ton

  • 10-09-2019 / 20:29 WIB
  • Kategori:Arema
Tunggu Panen, Biji Kopi Tulang Diprediksi Capai 1 Ton UPT TPU Nasrani Sukun tunggu panen ribuan biji kopi

MALANG- Makam di Kota Malang ternyata tidak hanya jadi tempat “peristirahatan terakhir” saja. Tetapi juga dapat menghasilkan sesuatu. Yakni Biji Kopi.

UPT Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukun yang memiliki ribuan pohon kopi di area makamnya ini sedang menunggu waktu panen. Hasil panen tanaman kopi yang disebut sebagai Kopi Tulang ini menunggu kurang lebih 6 sampai 7 bulan lagi.

 “Kira-kira bisa sampai 1 Ton Kopi kita nanti yang bisa dipanen,” tutur Bagian Administrasi UPT Pemakaman Umum Nasrani Sukun Hariani kepada Malangpostonline.com sore tadi. 

Ia mengatakan jumlah ini sangat meningkat daripada tahun 2017 saat panen pertama yang hanya bisa memanen sekitar 10 kilogram biji kopi saja dengan tanaman kopi yang hanya 150 batang pohon.

Tetapi panen kali ini akan berbeda. Pasalnya 2018 lalu, UPT Pemakaman Umum Nasrani Sukun mendapatkan bantuan penanaman bibit kopi sebanyak 4.800 bibit pohon kopi.

“Intinya kita memang sedang menunggu panen. Tapi ada ini beberapa pohon yang sudah bisa dipanen, ada 3 kilogram sudah kita panen,” terangnya.

Sementara itu bukan hanya produksi Kopi Tulang saja yang akan jadi andalan UPT Pemakaman Umum Sukun kedepan. Dengan potensi produksi biji kopi ini, rencananya UPT TPU Makam Nasrani Sukun ini juga akan mengembangkan pendirian sebuah kafe.

 “Kita ada lahan di samping kantor ini yang bisa dimanfaatkan. Kafe untuk pengembangan kopi tulang. Rencana juga akan dibuatkan Museum Sejerah Makam Sukun ini juga,” pungkasnya. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU