Lahan Rumah Tua, Alternatif Kantong Parkir dan Urai Kemacetan Alun-Alun Batu

  • 09-10-2019 / 19:13 WIB
  • Kategori:Batu
Lahan Rumah Tua, Alternatif Kantong Parkir dan Urai Kemacetan Alun-Alun Batu Luas : Lahan Rumah Tua di Jalan Sudiro area Alun-Alun Kota Batu sangat luas dan bisa dimanfaatkan sebagai kantong parkir oleh Pemkot Batu.

Malangpostonline.com, BATU - Kemacetan yang terjadi setiap weekend dan hari libur menjadi permasalahan tersendiri bagi Kota Wisata Batu. Untuk mengatasinya, Pemkot Batu berencana untuk menyewa lahan Rumah Tua di Jalan Sudiro area Alun-Alun Kota Batu.

Hal itu diungkap Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M bahwa wacana untuk menyewa lahan Rumah Tua sebagai kantong parkir sangat tepat. Karena menurutnya Rumah Tua memiliki luas lahan mencapai 2 hektar.

"Macet memang jadi permasalahan yang tidak bisa dihindari. Itu adalah dampak dari sebuah kota wisata. Namun harus ada solusi untuk mengatasi kemacetan. Salah satunya dengan menyewa rumah tua untuk lahan parkir," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com Rabu (9/10) sore.

Lebih lanjut, Rumah Tua sangat cocok untuk lahan parkir dan mengurai kemacetan yang ada di pusat Kota Batu. Karena banyak sekali tempat parkir yang berada di tepi jalan di areal Alun-Alun Batu.

Ia mengatakan beberapa area yang penuh sesak dengan parkir kendaraan bermotor mulai dari Jalan Diponegoro, Jala Gajah Mada, dan sekitaran Alun-Alun Batu. Karena itu, agar mengurangi macet saat hari weekend dan hari libur Pemkot dan Dishub bisa berkoordinasi untuk memanfaatkan lahan tersebut.

Tak hanya mengurai kemacetan di sepanjang jalan ke pusat kota yang penuh dengan pertokaan. Dengan menyewa lahan parkir di Rumah Tua akan mampu meningkatkan retribusi parkir di Kota Batu.

"Ini nanti jika terealisasi akan meningkatkan retribusi. Mengingat harus diakui retribusi parkir tak pernah memenuhi target," bebernya.

Karena itu, pihaknya akan segera membicarakan hal tersebut dengan dinas terkait dan mengkaji lebih lanjut. Sehingga apakah kedepan Rumah Tua bisa disewa untuk dimanfaatkan sebagai kantong parkir di pusat Kota Batu. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU