Peringati HSN, Santri Al Falah Al Makky Bedah Perabot Janda Tua

  • 22-10-2019 / 14:17 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Peringati HSN, Santri Al Falah Al Makky Bedah Perabot Janda Tua Para santri dan santriwati ketika melakukan Bedah Perabot rumah Mbah Sampuri, di Hari Santri Nasional 2019.

Malangpostonline.com - Ada yang berbeda dalam memperingati Hari Santri Nasional 2019. Salah satunya dilakukan santri dan santriwati Ponpes Al Falah Al Makky, di Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, Selasa (22/10). Mereka merayakan HSN dengan melakukan kegiatan sosial.

Para santri melakukan Bedah Perabot, rumah Mbah Sampuri, di Jalan Mundu RT01 RW01, Desa Putat Lor, Gondanglegi. Dengan program Bedah Perabot, harapannya supaya rumah janda berusia 125 tahun tersebut, menjadi layak huni.

"Program Bedah Perabot ini yang kali pertama kami lakukan. Sebelumnya santri dan santriwati Ponpes Al Falah Al Makky, juga peduli dengan kebersihan lingkungan," terang Gus Lukman Hakim Ubaidillah, pengasuh Ponpes Al Falah Al Makky.

Menurutnya, dengan kegiatan sosial tersebut, dirinya ingin membentuk karakter para santri dan santriwati. Yakni dengan menanamkan jiwa sosial dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Karena selepas dari mengenyam pendidikan di Ponpes, mereka akan kembali lagi kepada masyarakat.

"Kami ingin agar para santri dan santriwati tidak hanya menghamburkan uang. Tetapi bagaimana mereka peduli dengan lingkungan di sekitarnya," ujarnya.

Mbah Sampuri, tinggal sebatang kara di rumah berukuran 3 x 7 meter tersebut. Kondisi rumahnya masih kurang layak huni. Dengan Bedah Perabot, harapannya menjadikan rumah Mbah Sampuri nyaman dan layak huni.

"Kondisi rumah Mbah Sampuri ini, sangat mengharukan. Beliau ini adalah ahli ibadah. Salat tahajud-nya Istiqomah," tuturnya sembari mengatakan sebelum melakukan Bedah Perabot, diawali dengan senam santri supaya para santri juga memiliki tubuh yang sehat.

Terpisah, Mbah Sampuri, tidak berhentinya mengucap syukur. Karena masih ada santri yang peduli dengan kehidupannya. "Saya tidak punya anak dan suami. Syukur alhamdulillah, karena rumah saya ada yang memperbaiki," papar Mbah Sampuri.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU