Tak Ada Piala Presiden 2020, Arema FC Berstatus Juara Lebih Lama

  • 25-01-2020 / 23:41 WIB
  • Kategori:Arema
Tak Ada Piala Presiden 2020, Arema FC Berstatus Juara Lebih Lama Ketua Umum PSSI, M. Iriawan

MALANGPOSTONLINE.COM - Arema FC akan lebih lama berstatus juara bertahan Piala Presiden. Pasalnya, turnamen yang sudah digelar sejak 2015 tersebut, dipastikan absen pada 2020 ini. Agenda pramusim tersebut absen diselenggarakan, karena PSSI memilih fokus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Piala Presiden, yang pertama kali dicetus pada 2015 lalu, rutin berlangsung setiap tahunnya, kecuali 2016. Turnamen tersebut digelar sebagai ancang-ancang klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 alias sebagai agenda pramusim.

Kejelasan Piala Presiden tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, M. Iriawan, dalam Kongres Tahunan PSSI, yang berlangsung di Bali, Sabtu (25/1).

"Kami sedang fokus menghadapi persiapan Piala Dunia U-20. Waktu dan fokus tersita ke sana. Jadi kami berpikir untuk mengesampingkan agenda itu dulu. Ada agenda yang lebih besar menanti dan persiapan itu tak terasa, waktunya sangat cepat berjalan," tutur M. Iriawan.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, konsentrasi PSSI saat ini tersita untuk Piala Dunia U-20 2021. Apalagi, dari rapat koordinasi dengan FIFA telah membuahkan banyak keputusan. Satu di antaranya adalah menetapkan enam stadion sebagai penyelenggara pertandingan.

Enam arena tersebut terdiri dari Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Tidak adanya Piala Presiden 2020 ini sejatinya sudah mulai terdengar sejak beberapa waktu lalu. Keinginan PSSI fokus pada persiapan Piala Dunia U-20, yang didukung pula dengan kompetisi yang digelar mulai akhir Februari. Selain itu, dengan kick off kompetisi lebih awal, maka operator kompetisi juga bisa mengatur agar jadwal tidak berbenturan dengan agenda Timnas.

Sementara itu, dengan tidak adanya Piala Presiden di tahun ini membuat Arema bakal menyandang status juara lebih lama. Sebab, final terakhir pada 2019 lalu, Arema  keluar sebagai juara Piala Presiden setelah mengalahkan Persebaya Surabaya. Di laga final yang berlangsung dalam sistem home away, Arema menang dengan agregat 4-2. (ley/bua/malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : Buari
Penulis : ley
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU