Habis-habisan Sambut Kompetisi 2020, Arema Diprediksi Habiskan Rp 35 Miliar

  • 31-01-2020 / 02:19 WIB
  • Kategori:Arema
Habis-habisan Sambut Kompetisi 2020, Arema Diprediksi Habiskan Rp 35 Miliar

Malangpostonline.com – Tidak seperti musim-musim sebelumnya, manajemen Arema FC kini lebih terbuka dalam hal kontrak pelatih dan pemain. Khususnya menyambut kompetisi musim 2020, tim Singo Edan memastikan bakal habis-habisan dalam hal berburu dan belanja pemain baru.

Dana segar sebesar Rp 7 miliar, telah dihabiskan oleh tim Singo Edan untuk menjadi uang muka (down payment) 29 pemain serta tim pelatih. Termasuk tiga pemain asing, Jonathan Bauman, Elias Alderete dan Matias Malvino, yang baru diresmikan kontraknya, Kamis (30/1) siang.

Bila ditotal, hanya untuk kontrak saja, Arema harus menyiapkan dana mencapai Rp 28 miliar selama musim ini. Kepastian dana tersebut dibeber General Manager Arema, Ruddy Widodo, Kamis (30/1) siang, ketika meresmikan kontrak tiga pemain Amerika Latinnya.

“Kurang lebih untuk kontrak atau belanja pemain, kami menghabiskan dana Rp 28 miliar musim ini. Perhitungannya, kami habis Rp 7 miliar, hanya untuk DP (down payment) pemain,” ungkapnya.

Menurut Ruddy, rata-rata DP penggawa Arema FC diberikan sebesar 25 persen. Otomatis, bila dilunasi mencapai 100 persen, maka dana yang dikeluarkan Arema harus dikalikan empat, dan bakal menembus angka Rp 28 miliar tadi.

Hal itu sekaligus menunjukkan, manajemen klub Arema serius membangun tim, sekalipun sempat melepas Makan Konate, yang meminta kontrak mencapai Rp 4 miliar. Banyak suara sumbang, termasuk menyatakan Arema kesulitan finansial, sampai melepas pemain pentingnya di musim lalu.

“Ya kami memang mengeluarkan dana yang lumayan besar musim ini untuk mengontrak pemain. Tetapi, karena ini request dari tim pelatih, manajemen berupaya keras memenuhi pemain yang diinginkannya,” papar Ruddy.

Sejatinya, kontrak sebesar itu juga termasuk untuk tim pelatih. Tim pelatih Arema sendiri, terhitung termahal sepanjang sejarah tim sebelumnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh Malangpostonline.com, untuk mengontrak seorang Mario Gomez saja, Arema harus menyiapkan biaya mencapai Rp 2 miliar. Begitu pula trio pemain Amerika Latin, ditambah pemain Asia, Oh In Kyun. Arema harus mengontrak setiap pemain di atas Rp 1,5 miliar.

Hanya saja, Arema tidak merilis kontrak setiap pemain. Mereka menyampaikan kebutuhan secara global tim di musim ini yang meningkat. “Kalau ditambah kebutuhan away dan biaya operasional ainnya, perkiraan kami menghabiskan biaya Rp 35 miliar musim ini,” imbuh pria asal Madiun itu,

Sementara itu, dengan dikontraknya tiga pemain Amerika Latin, maka kini Arema telah memiliki 29 pemain. Alhasil, kini Arema menyisakan satu slot tersisa untuk pemain lokal, dan tim pelatih akan mengalokasikan untuk pemain U-23, demi pemenuhan regulasi. (ley/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ley
Fotografer : ley

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU