Deretan Gelar Parasite Sebelum Melenggang ke Oscar 2020

  • 09-02-2020 / 12:03 WIB
  • Kategori:music and movie
Deretan Gelar Parasite Sebelum Melenggang ke Oscar 2020 Sebelum melenggang ke Oscar, Parasite meninggalkan jejak di berbagai ajang internasional hingga dianggap mengangkat citra perfilman Asia di kancah dunia. (Gregg DeGuire/Getty Images for Turner/AFP)

Malangpostonline.com - Sebelum melenggang ke pentas Oscar dengan enam nominasi, Parasite sudah meninggalkan jejak di berbagai ajang penghargaan internasional hingga dianggap mengangkat kembali citra perfilman Asia di kancah dunia.

Melansir CNN Indonesia, tayang perdana di Festival Film Cannes 2019, karya thriller komedi ini menjadi film Korea pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi Palme d'Or. Besutan sutradara Bong Joon-ho ini juga menjadi film pertama yang menang dengan suara bulat sejak Blue is the Warmest Colour pada 2013.

Sepekan setelah mejeng di Cannes, film ini kemudian dirilis perdana di Korea Selatan. Parasite mendapat sambutan hangat dari kritikus. Banyak yang menyebut Parasite sebagai film terbaik tahun ini, bahkan untuk periode 2010-an.

Berdasarkan sejumlah laman situs kritik film, Parasite terbilang mengumpulkan rating tinggi. Rotten Tomatoes memberi tomat segar dengan angka 99 persen dan rating rata-rata 9,38/10. Sementara di Metacritic, film ini mendapatkan angka rata-rata 96/100, serta di IMDb 8,6/10.

Parasite pun mulai menorehkan prestasi di sejumlah ajang penghargaan, di antaranya meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Di ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English Language.

Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

Di Oscar sendiri, Parasite mengantongi enam kategori nominasi termasuk yang tertinggi, Best Picture.

Selain itu, Parasite juga masuk bursa kategori Best Director, Best International Film, Best Original Screenplay, Best Production Design, dan Best Film Editing.

Meski Parasite telah menorehkan capaian besar, tapi sejumlah penggemar masih kecewa dengan keputusan penyelenggara karena film itu tak mendapatkan nominasi di bidang lain.

Mereka menyesalkan sikap penyelenggara yang mengabaikan para pemain Parasite untuk bersaing di bidang akting.

Sebagaimana diberitakan Variety, menurut para penggemar, Parasite tidak akan sesukses itu bila tak didukung aksi memukau dari para pemainnya.

Bagaimana pun, dasar cerita dari film Parasite ini sendiri memang kuat. Bong Joon-ho mengembangkan cerita tersebut pada 2013, saat masih menggarap Snowpiercer.

Ia didorong oleh seorang teman aktor teater untuk menulis drama. Bong lantas teringat dengan pengalamannya di usia 20-an saat menjadi tutor bagi keluarga kaya di Seoul.

Setelah menyelesaikan Snowpiercer, ia menulis draf awal film setebal 15 halaman untuk paruh pertama Parasite. Dia kemudian dibantu asisten produksinya di Snowpiercer, Han Jin-won, untuk mengembangkan gagasan cerita itu menjadi tiga skenario berbeda.

Usai menyelesaikan Okja pada 2017, Bong mulai fokus pada proyek Parasite dan menunjuk Han Jin-won untuk menulis naskah film bersamanya.

Proses syuting Parasite lantas dimulai pada 18 Mei 2018 dan berlangsung selama 77 hari hingga 19 September dengan lokasi di sekitar Seoul dan Jeonju.

Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang sopir cabutan yang tinggal di sebuah apartemen bawah tanah tak layak huni bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye-jin), dan dua anak mereka.

Mereka semua pengangguran. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak pizza.

Namun suatu hari, putra dalam keluarga itu, Ki-woo, mendapatkan pekerjaan mengajar les yang memungkinkan ia memperoleh pendapatan tetap.

Ki-woo sebenarnya bisa mendapatkan pekerjaan ini karena menggantikan temannya yang melanjutkan kuliah di luar negeri.

Menjadi tumpuan keluarganya, Ki-woo sepakat menjadi guru les privat bagi anak Keluarga Park, seorang pengusaha kaya di bidang IT.

Saat Ki-woo tiba di rumah keluarga Park dan bertemu dengan seorang perempuan muda, Yeon-kyo, ia mulai menyusun strategi untuk menarik keluarganya dari kemiskinan.

Dua keluarga dengan strata ekonomi berbeda itu pun menjalin simbiosis mutualisme. Keluarga Kim menyediakan jasa pelayanan mewah untuk keluarga Park. Sementara itu, Keluarga Park secara tak langsung mengeluarkan Keluarga Kim dari lingkaran kemiskinan.

Namun simbiosis itu tak bertahan lama. Dibalut dengan komedi, film thriller ini pun penuh dengan pertarungan antara keserakahan dan segala prasangka.

Begitu sukses Parasite di pasaran, film itu pun akan diadaptasi menjadi serial televisi terbatas oleh HBO. Bong kelak dibantu oleh kreator drama Succession, Adam McKay, dalam penggarapannya.

"Adam McKay dan HBO melakukannya sangat baik dengan 'Succession.' Untuk bekerja dengan seniman-seniman yang telah menciptakan karya-karya hebat, saya ingin memperluas film ini dan mengeksplorasi semua ide yang saya miliki dari tahap penulisan skrip, dari apa yang bisa terjadi di antara adegan, melalui serial TV," kata Bong, kepada Hollywood Reporter.(agn/has/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU