Inggris Menangis, Kroasia Tantang Prancis

  • 12-07-2018 / 04:19 WIB
  • Kategori:Piala Dunia
       Inggris Menangis, Kroasia Tantang Prancis Timnas Kroasia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 2018 lawan Prancis. (fifa.com)

RUSIA – Drama semifinal Piala Dunia 2018 kembali memberi kejutan di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7) pagi. Inggris yang diunggulkan atas Kroasia, akhirnya pulang dengan tragis. Setelah sempat unggul lewat tendangan bebas Trippier menit 5, gagal dipertahankan hingga laga usai.

                Kroasia tak kenal lelah menggempur pertahanan Inggris, menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol Perisic menit 68. Skor imbang di waktu normal ini berlanjut di perpanjangan waktu. Hingga petaka untuk Inggris terjadi menit 109.  Mario Mandžukić jadi pahlawan Kroasia.

                Memanfatkan kendornya pertahanan Inggris, gol Mandžukić mengantarkan Kroasia unggul 2-1, sekaligus memupus ambisi Inggris melaju ke final. Pada partai  final Piala Dunia 2018, Kroasia akan menghadapi Prancis, Minggu (15/7) ini.

 

Perpanjangan Waktu

Memulai perpanjangan waktu dengan skor 1-1, Inggris melakukan pergantian pemain menit 91. Young keluar digantikan Rose. Disusul menit 95, Kroasia melakukan pergantian pemain, Strinic diganti Pivaric. Selanjutnya menit 97,  lini tengah Inggris memasukkan Eric Dier, mengisi tempat Jordan Henderson. Lalu menit 101, giliran Kroasia menyuntikkan tenaga baru di lini serang,  Andrej Kramaric masuk menggantikan Ante Rebic.

Peluang bagus dimiliki Kroasia menit 105' + 2.'  Umpan silang Perisic disambut sontekan Mandzukic di mulut gawang, namun bola masih mengenai lengan Pickford. Tidak ada gol tambahan tercipta di babak pertama tambahan waktu. Lanjut perpanjangan waktu kedua. Menit 108, sari skema sepak pojok, Modric memberikan umpan mendatar ke tepi kotak penalti yang disambut sepakan Rakitic, namun bola masih melebar ke sisi gawang Inggris.

Akhirnya petaka bagi Inggris terjadi menit 109. Adalah Mario Mandžukić berhasil meneruskan umpan dari Perišić. Memanfaatkan kelengahan lini belakang Inggris, Mandžukić berhasil menjebol gawang Inggris hingga merubah kedudukan 2-1 untuk keunggulan Modric dkk. Perjuangan keras Kroasia sepanjang waktu normal dan tambahan waktu membuat Inggris harus pulang. Inggris gagal melaju ke final.

 

Babak Kedua

Tertinggal 1-0 di hingga akhir babak pertama, Kroasia berusaha bangkit. Modric dkk yang mengusai jalannya pertandingan terus melakukan tekanan. Menit 64 Inggris dalam tekanan. Modric mengirim umpan silang yang berhasil dihalau Stones. Bola liar lantas disambar Perisic dari depan kotak penalti, namun bola masih bisa diblok Walker.

                Akhirnya menit 68, serangan Kroasia membuahkan hasil.  Gol Perisic mampu menyamakan kedudukan menjdai imbang 1-1. Menyambut umpan silang Vrsaljko, Perisic berhasil mendahului Walker dalam menyambut bola. Sontekan penggawa Inter Milan itu tak sanggup dihentikan Pickford. Skor berubah 1-1, sekaligus menjaga peluang Kroasia untuk lolos ke babak final.  

                Usai cetak gol penyama kedudukan ini, Kroasia terus menggempur pertahanan Inggris.

Menit 70, peluang untuk Kroasia tercipta dari Perisic sukses mengecoh Walker dan melepaskan sepakan mendatar kaki kiri yang masih membentur tiang gawang, bola rebound disambar Rebic namun bola masih mengarah ke pelukan Pickford.

                Terus ditekan, tampak kepanikan dari kubu Inggris. Bahkan menit 80,  lini belakan Inggris nyaris blunder. Back pass Trippier kepada Pickford hampir saja bisa dicuri oleh Perisic. Inggris coba lepas dari tekanan, Kroasia dengan melakukan serangan balik. Namun kedudukan imbang 1-1 tak berubah hingga babak kedua usai. Pertandingan pun klanjut dengan perpanjangan waktu 2x15 menit.

 

 

Babak Pertama

Babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Inggris atas Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki di Kota Moskow, Kamis (12/7) dini hari ini. Gol tercipta saat pertandingan baru berjalan lima menit.

Adalah Trippier yang berhasil mengonversi tendangan bebasnya dengan sangat cantik.  Bek Tottenham Hotspur itu melepaskan tembakan melengkung dari jarak sekitar 20 meter, bola melewati pagar betis dan meluncur deras ke pojok kanan atas gawang tanpa sanggup dihentikan Subasic.  Skor 1-0 untuk keunggulan sementara Inggris atas Kroasia

                Gol hasil tendangan bebas Trippier ini bermula dari Modric yang melanggar Alli dari belakang. Wasit Ceneyt Cakir pun memutuskan memberi tendangan bebas untuk Inggris tepat di depan kotak penalti Kroasia. Kesalahan yang harus dibayar mahal karena berbuah gol.

Gol Trippier ini merupakan gol pertama pemain Inggris yang dicetak dari tendangan bebas langsung di Piala Dunia sejak David Beckham melawan Ekuador pada 2006. Usia gol cepat Trippier membuat kedua tim bermain terbuka.

Kroasia yang tertinggal tak mau diam begitu saja, mereka aktif menyerang walau sesekali harus memikirkan sektor belakang mengingat Inggris pun tak pernah mengendurkan serangan.  Diantaranya menit 15, peluang Inggris tercipta dari tendangan penjuru Trippier mengangkat bola ke kotak penalti yang disambut sundulan Maguire, namun bola masih mengarah ke samping gawang Subasic.

Berikutnya peluang Kroasia, menit 19 sepakan jarak jauh Perisic masih mengarah ke sisi gawang Butland. Penggawa Inter itu berharap mendapat corner karena bola dianggap mengenai kaki Walker sebelum keluar lapangan. Namun wasit berkata lain. Selang satu menit, t embakan keras Rebic dari depan kotak penalti berhasil diblok oleh Stones yang membuat bola keluar lapangan.

Ancaman untuk Kroasia terjadi menit 29,  namun Kane membuang kesempatan emas. Tembakan mendatarnya dari jarak dekat berhasil ditepis Subasic. Bola rebound kembali ia eksekusi dari sudut sempit. Namun bola mencium tiang gawang memantul mengenai Subasic dan mengarah jauh dari gawang.

Disusul peluang Inggris tercipta dari skema serangan balik cepat. Alli mengirim bola dan memberikan umpan manis kepada Lingard yang berdiri bebas tanpa kawalan di depan kotak penalti. Sayang sepakan winger Manchester United itu masih melebar dari sasaran. Sedangkan pemain Kroasia berusaha bangkit dan coba melakukan serangan balik.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk kemenangan Inggri belum berubah. Meski Kroasia lebih unggul dalam penguasaan bola yaitu 52 persen, namun belum bisa berbuat banyak untuk minimal menyamakan gol Inggris di awal babak pertama. Kini dengan keunggulan sementara 1-0 ini posisi Inggris semakin dekat untuk lawan Prancis di babak final Piala Dunia 2018. (bua)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU