Belgia Peringkat Tiga, Usai Gilas Inggris 2-0

  • 15-07-2018 / 01:08 WIB
  • Kategori:Piala Dunia
Belgia Peringkat Tiga, Usai Gilas Inggris 2-0 UKIR SEJARAH: Timnas Belgia rayakan sukses raih peringkat tiga Piala Dunia 2018, (foto kanan) selebrasi Hazard dkk usai jebol gawang Inggris untuk kedua kalinya.(fifa.com)

MALANG - Generasi emas sepak bola Belgia, tahun ini berhasil mencatatkan torehan terbaik bagi negaranya dalam keikutsertaan di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim Red Devils, menggapai peringkat ketiga setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-0, Sabtu (14/7) malam.

Gol kemenangan Belgia, dicetak oleh Thomas Meunier di menit 4 dan Eden Hazard di menit 82.

Peringkat ketiga ini merupakan sejarah baru dengan catatan lebih baik dari apa yang digapai pada tahun 1986 sebagai peringkat 4, dalam keikutsertaannya yang ke 13. Selain itu, torehan Eden Hazard dkk apik selama helatan tahun ini dengan menghasilkan 16 gol dalam tujuh laga sampai laga perebutan peringkat ketiga, semalam.

Selain itu, mengalahkan Inggris seolah menjadi klimaks bagi anak asuh Roberto Martinez tersebut. Sebab, mereka memang sejatinya difavoritkan untuk bisa melangkah jauh di World Cup tahun ini. 

Dalam laga semalam, Belgia membuka skor ketika pertandingan babak pertama baru berjalan empat menit melalui aksi Thomas Meunier. Dia memanfaatkan umpan Nacer Chadli.

Unggul satu gol membuat Timnas Belgia percaya diri dalam melakukan serangan.

Pada  menit 12, Kevin De Bruyne memiliki peluang emas melalui tembakan melengkung. Namun peluang itu masih bisa ditepis oleh Kiper Timnas Inggris, Pickford. Beberapa menit berselang giliran Romero Lukaku yang mendapatkan peluang namun lagi-lagi Pickford dengan sigap mengamankan bola.

Berikutnya, Belgia kerap mengancam pertahanan Inggris dengan serangan cepat, yang membuat Timnas Inggris kesulitan untuk keluar dari tekanan. Beruntung, para pemain di lini pertahanan Inggris bermain disiplin di sisa babak pertama, sehingga Belgia tidak kunjung mendapatkan peluang on target.

Jelang berakhirnya babak pertama, Belgia harus melakukan pergantian pemain saat Nacher Chadli  cedera dan digantikan oleh Thomas Vermaelen. Jual beli serangan terus terjadi namun skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua,  Inggris mencoba memberikan perlawanan lebih sengit. Mereka seolah tidak mau mengalami double killed atau dikalahkan Belgia dua kali. Sebab, di babak penyisihan Inggris sudah kalah dari Belgia dan harus lolos ke fase knock out dengan status runner-up grup.

Manajer Three Lions, Gareth Southgate melakukan dua pergantian di awal babak kedua. Ia menarik keluar Danny Rose dan Raheem Sterling untuk digantikan Jesse Lingard dan Marcus Rashford. Masuknya dua pemain Manchester United ini menjadikan intensitas serangan Inggris bertambah.

Inggris yang permainannya sulit berkembang di babak pertama mulai melancarkan serangan berbahaya di babak kedua. Ada lima tembakan ke arah gawang Belgia, tetapi tak asa satu gol pun bagi Harry Kane dkk.  Di menit 70 Inggris punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan.

Berawal dari umpan satu dua dengan Rashford, Eric Dier berhasil maju tak terkawal di areal kotak penalti Belgia. Dia berhasil mengecoh Courtois dan melepaskan tembakan mendatar ke gawang kosong Belgia. Namun, bek Belgia Alderweireld dengan sigap mematahkan peluang emas tersebut.

Inggris kembali membuat peluang emas dari Jesse Lingard dan Harry Maguire beberapa saat kemudian. Sayangnya, chip Lingard masih bisa diblok oleh Toby Alderweireld dan sundulan Maguire itu masih melebar dari gawang Courtois. Setelah itu Belgia sempat mengancam di menit 80. Thomas Meunier melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti namun masih berhasil ditepis Jordan Pickford.

Petaka dan seolah kepastian kekalahan  bagi Inggris datang di menit 82. Dengan skema serangan balik cepat, Eden Hazard berhasil melewati hadangan Phil Jones dan berhadapan satu lawan satu melawan Pickford. Tanpa kesulitan, pemain Chelsea itu melepaskan tembakan mendatar ke gawang Inggris yang tidak bisa dijangkau oleh Pickford sehingga kedudukan berubah menjadi 2-0.

Inggris mencoba untuk tidak menyerah dan terus menekan di sisa pertandingan. Akan tetapi, Belgia berhasil meredam permainan The Three Lions  hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Belgia. Kevin de Bruyne dkk pun menjadi juara tiga, sementara Inggris harus puas di posisi empat akhir dari World Cup 2018 di Rusia. (ley/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU