Siklus 20 Tahun Lahirkan Juara Baru Piala Dunia Bisa Diteruskan Kroasia

  • 15-07-2018 / 21:16 WIB
  • Kategori:Piala Dunia
Siklus 20 Tahun Lahirkan Juara Baru Piala Dunia Bisa Diteruskan Kroasia Kroasia berharap siklus 20 tahun juara baru di Piala Dunia masih berlaku (MANAN VATSYAYANA / AFP)

RUSIA -  Kroasia bisa dibilang kuda hitam paling hitam di Piala Dunia 2018. Tak diperhitungkan bisa melangkah jauh, Vatreni - julukan Timnas Kroasia, justru sukses mencapai babak final. Tim asuhan Zlatko Dalic itu menantang unggulan Prancis di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) malam WIB.

Kroasia memang jadi underdog di final. Prancis lebih diunggulkan. Apalagi Prancis pernah juara pada 1998. Selain itu, rekor pertemuan juga didominasi Prancis. Dari 5 pertemuan, Les Bleus menang 3 kali dan seri 2 kali. Artinya, Kroasia belum pernah menang saat bersua Prancis. Satu-satunya pertemuan di Piala Dunia juga berakhir dengan kekalahan.

Itu terjadi di semifinal Piala Dunia 1998. Kroasia sempat unggul 1-0 lewat Davor Suker. Namun, Prancis langsung merespons dengan mencetak dua gol yang diborong Lilian Thuram. Les Bleus ke final dan menjadi juara usai mengalahkan Brasil.

Prancis dan Kroasia kemudian bertemu di turnamen mayor lain yakni Euro 2004. Dalam laga di fase grup, skor sama kuat 2-2. Gol Kroasia dihasilkan Milan Rapaic dan Dado Prso. Sedangkan gol Prancis bunuh diri Igor Tudor dan tendangan David Trezeguet.

Meski tak diunggulkan, Kroasia yakin bisa mencetak sejarah. Mereka pun dinaungi siklus 20 tahun juara baru di Piala Dunia. Kroasia berharap siklus itu tetap kembali muncul. Siklus 20 tahun juara baru di Piala Dunia dimulai pada 1958. Kala itu, Brasil menjadi juara untuk pertama kalinya. Tim yang sebelumnya juara adalah Uruguay, Italia, dan Jerman (Barat).

Selang 20 tahun kemudian, tepatnya di Piala Dunia 1978, muncul juara baru yakni Argentina. La Albiceleste untuk pertama kali juara Piala Dunia usai mengalahkan Belanda di final. Siklus 20 tahun juara baru berlanjut dan yang mengalaminya adalah Prancis. Ya, di Piala Dunia 1998, Prancis untuk pertama kalinya juara.

Kini, siklus 20 tahun itu siap diteruskan oleh Kroasia di Piala Dunia 2018. Kroasia belum pernah juara. Sementara itu, Prancis pernah mengangkat trofi pada 1998. Layak dinantikan siklus 20 tahun juara baru apakah berlanjut atau terhenti. (epr/JPC)

 

Siklus 20 Tahun Juara Baru Piala Dunia

1958 - Brasil (juara pertama kali)

1978 - Argentina (juara pertama kali)

1998 - Prancis (juara pertama kali)

2018 - ?

 

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU