Serie A Italia Siap Uji Coba Hak "Challenge" Untuk Penggunaan VAR

  • 15-02-2020 / 14:25 WIB
  • Kategori:Bola Dunia
Serie A Italia Siap Uji Coba Hak "Challenge" Untuk Penggunaan VAR FIGC bakal mengadopsi sistem “challenge” seperti pada turnamen tenis atau bulutangkis dunia.

Malangpostonline.com - Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) berencana untuk melakukan eksperimen terkait penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Serie A.

Setelah menampung masukan dari pihak klub, FIGC mengumumkan telah berkomunikasi dengan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) untuk mengubah protokoler penerapan VAR dalam sebuah pertandingan, Kamis (13/2).

Meskipun, Serie A sudah mengaplikasikan sistem VAR sejak musim 2017/18, namun nyatanya sejumlah keputusan wasit pada musim ini khususnya masih kerap memicu kontroversi.

Terbaru, pelatih Napoli, Gennaro Gattuso mengkritik kinerja wasit Antonio Giua yang tidak mengecek VAR seusai Arkadiusz Milik dijatuhkan di kotak penalti saat timnya dikalahkan Lecce 2-3, pekan lalu.

 “Berlandaskan keinginan dan semangat yang sama untuk berinovasi pada era sepak bola ini, FIGC telah menerima permintaan dari klub-klub Seri A dan secara informal telah menyampaikan ke FIFA tentang kemungkinan untuk mengajukan hak keberatan [challenge] dalam pertandingan,” begitu bunyi pernyataan FIGC, dikutip dari Goal Indonesia.

“Hal ini datang dengan keyakinan bahwa dengan menempuh jalan yang telah kami mulai, kami bisa membawa sepakbola ke dimensi lain, secara bertahap lebih dekat dengan jutaan fans, tanpa merusak otoritas wasit, tetapi sebaliknya justru memberikan alat bantu yang konkret,” begitu selanjutnya.

Akan tetapi, wacana pengenalan sistem “challenge” di Serie A ini belum masuk dalam agenda pembahasan IFAB pada pertemuan umum tahunan mereka di Irlandia Utara yang akan digelar pada 29 Februari mendatang. (goal/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : goal
Fotografer : goal

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU