Liga Belarusia Nekat Tetap Jalan di Tengah Wabah Corona

  • 28-03-2020 / 19:27 WIB
  • Kategori:Bola Dunia
Liga Belarusia Nekat Tetap Jalan di Tengah Wabah Corona Ilustrasi klub Belarusia, BATE Borisov saat berlaga di Liga Europa lawan Arsenal. (AFP/SERGEI GAPON)

Malangpostonline.com - Liga Belarusia mungkin satu-satunya yang tidak 'KO' oleh pandemi virus corona di dunia. Belarusia bisa dibilang nekat tetap menggelar kompetisi di semua kasta.

Padahal, di negara itu warga yang dinyatakan positif virus corona mencapai hampir 100 orang. Meski demikian, liga-liga di negara itu tetap berjalan normal dengan penonton.

Dikutip dari AFP, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan tak ada penanganan khusus terkait penyebaran virus corona. Tak ada anjuran untuk menjaga jarak fisik antar individu atau social distancing, apalagi memberlakukan lock down.

Lukashenko sempat mengimbau para warga negara Belarusia agar tidak panik. Dengan cara itu, dia yakin bisa bisa menekan penyebaran virus corona karena kondisi imunitas warganya yang bagus karena tidak cemas.

Alexander Hleb berkelakar Messi dan Ronaldo sebaiknya bermain di Liga Belarusia. (Alexander Hleb (kanan) berkelakar Messi dan Ronaldo sebaiknya bermain di Liga Belarusia. (AFP/PAUL ELLIS)

Lukashenko pun menganjurkan para warga Belarusia tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tanpa isolasi di rumah masing-masing.

"Faktor-faktor itu yang akan menyembuhkan setiap orang. Aktivitas di luar yang akan menyembuhkan setiap orang," ujar Lukashenko, dikutip dari CNN Indonesia.

Dia bahkan sempat menyarankan agar para warga sering melakukan sauna. Bahkan Lukashenko pernah berkelakar untuk memperbanyak meminum vodka demi melawan penularan virus corona.

Liga Belarusia tak terkecuali. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Vysshaya Liga, masih berjalan normal. Yang membedakan adalah kamera pengawas suhu tubuh di sejumlah sudut stadion untuk memantau kondisi para penonton dan pemain.

Sebut saja laga antara Torpedi Zhodino vs Belshina pada Jumat (27/3) di Stadion Tarpeda tetap digelar dengan penonton. Berdasarkan catatan Soccerway, laga itu disaksikan sekitar 790 penonton.

Tuan rumah menang 1-0 atas tim tamu pada laga itu. Pihak klub sendiri pun menyarankan agar meminimalkan kontak fisik dan para orang tua serta penderita batuk atau flu tidak datang ke stadion. Namun, hal itu sifatnya hanya imbauan, bukan perintah dengan paksaan.

Laga antara Ruh Brest vs Energetyk BGU juga tetap digelar di Stadion DASK Brest, pada Sabtu (28/3) siang ini waktu setempat. Laga yang dimenangkan Brest 1-0 itu juga disaksikan 933 penonton.

Mantan pemain Arsenal dan Barcelona yang kini merumput di Liga Belarusia, Alexander Hleb, bahkan berkelakar mengomentari liga yang tetap berlangsung di tengah wabah corona. Gelandang klub Isloch Minsk Raion itu mengatakan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebaiknya merumput di Liga Belarusia ketika nyaris semua kompetisi Eropa terhenti karena Covid-19.

"Sekarang semua orang melihat Liga Belarusia di televisi. Ketika NHL [Liga Hoki Amerika Serikat] tak berjalan, banyak yang kemudian bermain ke Rusia. Mungkin Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mau ke sini dan bermain di Belarusia," kata mantan pemain timnas Belarusia itu.

"Ini adalah satu-satunya negara di Eropa yang masih memungkinkan untuk bermain sepak bola. Setidaknya orang-orang di sini merasakan kesenangan," sambungnya. (bac/cnn/bua)

 

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU