Serunya Cuap-cuap di Udara

  • 15-07-2018 / 16:30 WIB
  • Kategori:Genzi
Serunya Cuap-cuap di Udara Model: Kartika Chandra Devi (SMAN 10 Malang)

SEBANYAK 87% genzier menyatakan bahwa dunia broadcast adalah dunia yang seru banget. Sedangkan sebanyak 13% GenZier dari total 200 responden menjawab biasa aja. Kira-kira kenapa ya 87% Genzier ini suka sama dunia broadcast? Apa aja sih keseruannya.

FYI, Broadcasting adalah proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi dan media lainnya. Nah, jadi ilmu broadcast adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana kamu mengirim sinyal (suara, gambar) melalui media dan disampaikan pada masyarakat. Dalam broadcasting kamu juga akan memperdalam ilmu kemasyarakatan, artinya bagaimana cara kita untuk terjun langsung dan berhadapan dengan masyarakat luas. Penerapan ilmu broadcsat bisa kamu lihat pada presenter, wartawan media, sutradara, produser, dan masih banyak lagi.

Pengalaman di dunia broadcast dari dua GenZier kali ini layak disimak. Pertama, ada Genzier asal SMAN 5 Malang Pandya Sava yang aktif di ekskul broadcast sekolahnya. Alasan ia menyukai dunia broadcast simple banget, karena dirinya suka ngoceh dan nggak bisa diem. Daripada ngocehnya nggak bermanfaat, alhasil terjunlah ia ke ekskul broadcast di sekolahnya yang biasa disebut Dhamysoga Broadcasting Community.

“Aku ikut broadcast itu udah dari kelas 10. Kalau kegiatan broadcast-nya, kebetulan aku ketua ekskul broadcast di SMAN 5 jadi ya menangani kalo ada event di sekolah. Juga ngurus event lomba broadcast Smala 'Jumper'. Karena itu pasti latihan rutin setiap minggu, sama ikut lomba agar keasah terus bakat ngocehnya, hehehe,” ceritanya.

Karena ketertarikannya di dunia penyiaran, ia pernah satu kali menjadi penyiar di salah satu radio lokal di Malang. Bagi Pandya, pengalaman itu adalah pengalaman yang sangat berharga dan nggak akan terlupakan.

“Walaupun Cuma 1 hari, tapi itu udah membuat aku bersyukur banget bisa menyalurkan hobiku. Siapa tahu nanti semakin bertambahnya usia dan pengalaman, aku bisa bersanding dengan penyiar-penyiar hebat,” ungkap gadis berkulit manis ini

Kalau pengalaman broadcast di tingkat universitas, ada nih GenZier asal Universitas Brawijaya, Bharliantina. Gadis kelahiran Sidoarjo ini aktif di organisasi se7line fm, yaitu radio milik FISIP Universitas Brawijaya. Kegemarannya pada dunia broadcast telah ada sejak kelas 2 SMA. “Waktu itu tuh aku suka banget yang namanya ngomong. Ya tapi cuma seneng ngomong doang, nggak tahu kalau ngomong tuh ada ilmunya. Akhirnya aku ikut se7line, aku jadi tau deh gimana caranya ngomong depan banyak orang, ritme-nya, bahkan sampai nafasnya,” cerita mahasiswi berhijab ini.

Keseruan dunia broadcast nggak cuma dari segi ilmunya aja, tapi menurut Bharli juga dari segi relasinya. Berkat aktif di dunia broadcast, ia menemui banyak jaringan. “Mulai dari anak se7line sendiri yang sama-sama suka dunia broadcast. Sampai ketemu bintang tamu, atau penyiar-penyiar handal waktu lagi siaran. Seneng banget bisa ketemu banyak macam orang. Dunia broadcast ini worth it banget sih, semoga aku bisa belajar terus-menerus nantinya,” pungkas mahasiswi jurusan sosiologi ini.

Gimana nih Guys? udah bisa bayangin belum serunya dunia broadcast? Daripada kamu galau nggak jelas, kuliah pulang, atau habis sekolah nongkrong nggak jelas, mending cari kegiatan bermanfaat. (*/oci)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU