Simak Beberapa Tips Hadapi Cyber Bullying

  • 16-07-2018 / 10:17 WIB
  • Kategori:Genzi
Simak Beberapa Tips Hadapi Cyber Bullying Diana Savitri Hidayati, S. Psi., M. Psi (Sekretaris Program Studi Fakultas Psikologi UMM)

Bullying, pasti jatuhnya pada sesuatu yang negatif, dimana seseorang merasa dirinya dilecehkan atau diperlakukan tidak mengenakkan. Kasus ini banyak terjadi di era modern tanpa kita sadari, ternyata bullying yang dilakukan di media sosial lebih menyeramkan daripada bully secara fisik, itulah yang dikatakan Diana Savitri Hidayati, S. Psi., M. Psi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Malang.

"Jika bully secara fisik kita bisa tau orangnya sedang apa dan seperti apa, namun kalau melalui dunia maya, kita tidak tau wujud orangnya dan biasanya tidak meninggalkan luka fisik, namun luka secara psikis korban. Ini yang berbahaya, karena orang tidak tau kalau korban sedang mengalami tekanan, berbeda dengan bully secara fisik dari gestur tubuhnya, biasanya kita tau kalau korban sedang dalam tekanan dan langsung memberi dukungan, " ujar Sekretaris Program Studi Fakultas Psikologi UMM tersebut.

Dampak dari bullying di media sosial ini memang tidak berbeda jauh dengan bullying yang biasa terjadi di dunia nyata dan juga Ada banyak macam respon yang dilakukan para korban pada pelaku atau haters.

"Jika terjadi bullying yang seperti itu banyak sekali respon korban. Ada yang merespon dengan cuek saja tanpa mempedulikan pelaku, merespon dengan positif dan memperbaiki postingan atau konten yang dikira kurang layak dikonsumsi. Ada juga yang merespon dan menghadapi para haters dengan emosi dan amarah yang menggebu-gebu,” ujarnya.

Dampak bagi yang menanggapi dengan emosi, anak ini bisa saja menjadi tukang bully yang baru dimasa depan kemudian yang terakhir dia terlihat diam namun terus kepikiran.

“Nah banyak remaja yang memilih cara terakhir ini, padahal dampaknya lebih mengerikan. Anak itu akan banyak diam dan melamun, lalu depresi dan kepikiran untuk mencoba bunuh diri, " ujar Didi panggilan akrabnya. (*/oci)

 

Berikut tips menghadapi Cyber Bullying dari Diana Savitri Hidayati, S. Psi., M. Psi,

1. Cari Dukungan Sosial

Biasanya saat down kita merasa bahwa dunia ini tidak ada celah untuk bahagia, namun sebenarnya masih ada teman dan keluarga yang selalu mendukung kita. Disana kita bisa menjadikan mereka tempat curhat meski tidak menemukan solusi pasti akan membuat hati merasa lebih nyaman, karena setiap manusia pasti punya kapasitasnya sendiri untuk menerima beberapa masalah, jadi intinya jangan sampai beban ini dirasakan sendiri, bisa dicari solusi bersama.

 

2. Hadapi dengan kepala dingin

Lari dari masalah adalah kesalahan, sebaiknya kita hadapi dengan cerdas bukan dengan emosi. Mungkin sambil cooling down ini kita bisa sambil mencari solusi. Kita lihat aja, mungkin dari 10 orang yang berkomentar hanya 1 - 3 orang saja yang berkomentar buruk sementara masih banyak orang yang mendukung, jadi konten kita tidak sepenuhnya salah, mungkin untuk mengurangi komentar negatif kita bisa membuat karya yang lebih kreatif dan berbeda agar tidak jenuh juga.

 

3. Konsultasi ke ahli

Mungkin bila sudah muncul gejala psikologi semacam depresi atau perubahan sifat yang menurun seperti lebih sering diam dan turunnya prestasi, kemudian jika dua cara diatas kurang berhasil, kita bisa konsultasi ke orang yang benar-benar dipercaya untuk menjadi tempat curhat atas segala masalah ini. Contohnya kalau disekolah ada ruang Bimbingan Konseling (BK) kita bisa tuangkan masalah kesana, jika guru BK juga tidak sanggup, biasanya akan diarahkan pada ahli psikologi seperti psikiater. (*/oci)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU