DJ Muda Punya Karya

  • 23-07-2018 / 16:48 WIB
  • Kategori:Genzi
DJ Muda Punya Karya Model: Ghanies Amany (SMAK St. Albertus Malang)

MALANG punya banyak anak muda yang berprestasi di bidang musik. Maklum juga sih, karena Kota Malang adalah barometer musik Indonesia. Nah, sobat Genzier kali ini adalah mereka yang punya prestasi sebagai Disk Jockey muda. Simak yuk, siapa saja mereka.

Masih berumur 16 tahun, Siswi asal SMK St. Albertus, Ghanies Amany sudah jago memainkan papan musik DJ. Bahkan, ia bercita-cita memproduksi karya kontemporer dan membawa nama Indonesia di kancah musik EDM dunia. Gadis berkulit coklat manis ini mempelajari genre EDM sejak kelas 2 SMP. Banyak suka duka yang dilaluinya saat menggeluti musik yang katanya kebarat-baratan ini. simak kisah selengkapnya di bawah ini

Remaja Kelahiran Bau-bau ini sejak kecil hobi memainkan alat musik mulai dari gitar, piano, hingga biola. Melihat kegemarannya ini, sang Ibunda akhirnya membantu anaknya untuk mengembangkan potensi dalam diri Ghanies. Awal kelas 2 SMP, Ibunda mulai mendaftarkan anaknya les musik di Elfara. Ternyata jalan ibunya sangat tepat, Ghanies sangat menyukai bidang musik DJ dan aktif hingga saat ini.

“Aku belajar DJ awalnya 3 bulan, selain belajar mixing dari panggung ke panggung juga belajar crowd control yaitu cara handle audiens saat aku nge-DJ, belajar profesional ke client, belajar percaya diri juga dan harus tanggap,” ceritanya.

Nah dari SMP,  ia sering dapet tawaran untuk tampil di klub, tapi untuk saat ini, ia fokus jadi DJ event seperti pensi atau music festival.

“Pertama kali banget aku nge-dj di Monopoli waktu ujian DJ, dan dari situ aku mulai belajar pede meski agak mati gaya karena nggak bisa joget joget hehe,” kisahnya pada kru GenZi

Selama masa belajarnya itu, ia pun sering diundang untuk mengisi acara-acara di sekolah, maupun luar sekolah. Beberapa diantaranya, ia pernah mengisi Dempo Fair 2017, KickFest 2015, beberapa acara sweet seventeen, pensi, dan masih banyak lagi. ia juga sering mendapat tawan nge-DJ di club malam, namun menjadi prioritas terakhir. Karena menurutnya, nge-DJ tengah malam itu sangat melelahkan dan ia tak cocok dengan dunia malam. Ketika ia terpaksa menerima tawaran di club malam, ia selalu meminta orang tua atau keluarganya mendampinginya.

Namun tetap ada saja masyarakat yang masih memandang hobi nge-DJ gadis manis ini dengan citra anak malam yang buruk. Musik EDM kerap dihubungkan dengan tempat dugem, sehingga tak heran masih banyak orang yang beranggapan buruk pada musik DJ.

“Ada aja tetangga bahkan guru yang kadang suka anggep sebelah mata karena DJ itu dikenal dugem. Tapi banyak guru yang support juga dan salut karena aku bisa DJ di beberapa sekolah lain gitu,” kata dia. Ia juga senang, karena Ortu juga mendukung.

“Terlebih mami sih sampe memberikan aku alat DJ biar bisa latihan di rumah, beliau bangga banget aku punya progress, temen juga banyak yang dukung aku bahkan aku punya temen dekat dari SMP yang nemenin aku dari awal belum bisa sampai bisa DJ. Jadi masih banyak kok orang disekitar yang support aku,” terangnya.

Ghanies berharap kedepan ia bisa berkolaborasi dengan DJ kelas dunia. Main DJ di Tomorrowland dan colabs dengan musisi terkenal adalah impiannya. Ia juga bercita-cita ingin membuat lagu untuk Indonesia yang musiknya di mix dengan ritme DJ. “Dan aku juga berharap dunia DJ ku atau hobiku ini bisa seimbang dengan kehidupan di sekolah, keluarga, maupun masyarakat,” tukasnya. (*/oci)

 

INFO

Sumber: Idntimes.com

Tentunya kegemaran milenial akan musik EDM bukan tanpa alasan lho. Jika mengamati kebiasaan mereka memutar playlist EDM, ternyata salah satu alasan kuatnya karena musik EDM bisa jadi teman mereka dalam mengerjakan tugas. Bahkan EDM merupakan konten yang paling banyak dilihat di YouTube oleh orang yang berumur 25 tahun ke bawah. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. EDM menyediakan warna musik yang lebih segar dan berenergi

Kebanyakan musik EDM memiliki tempo musik yang upbeat dan lebih bersemangat. Hal ini identik dengan semangat milenial yang sedang membara. Apalagi musik EDM juga identik sebagai musik yang cocok untuk party yang mana kerap dilakukan milenial ketika mereka ingin bersenang-senang melepas penat.

2. Musik EDM lebih shareable dibanding yang lain

Gak bisa dipungkiri, milenial tumbuh di era media sosial di mana mereka selalu terhubung dengan internet. EDM yang bisa dibuat lewat software musik tanpa menggunakan banyak alat musik membuat para penciptanya lebih punya kemudahan untuk menyebar musik baru mereka, misalnya lewat situs sharing musik seperti SoundCloud. Dari artis ke para fans, dari fans ke fans lainnya bisa jadi alasan kenapa musik EDM dan milenial bisa cocok.

3. Banyaknya variasi musik EDM yang bisa dieksplor

Bisa dibilang, EDM mungkin jadi salah satu genre musik yang punya banyak variasi. Bahkan antara satu jenis musik EDM dengan yang lain bisa terdengar sangat berbeda. Misalnya techno, house, drum & bass, jungle, hingga dubstep yang beberapa tahun belakangan cukup fenomenal, salah satunya berkat Skrillex. Yang mana favoritmu nih?

4. Musik EDM banyak didengar oleh orang yang tech savvy

Sebagian besar milenial menghabiskan waktunya berada di dunia maya. Dan para pendengar musik EDM juga gemar menggunakan internet, berhubung mereka pasti menemukan lagu-lagu EDM baru lewat internet. Gak heran juga karena kesukaannya mendengarkan musik EDM di internet, milenial paling tidak pernah mencari informasi mengenai bagaimana caranya menjadi DJ atau nge-remix lagu.

5. Festival musik EDM merupakan salah satu acara yang paling hits

Jika suatu negara mengadakan festival musik bertema EDM, dijamin acara tersebut bakal hits dan tiket masuk pun bisa cepat laku terjual. Selain karena ingin menonton DJ favorit, alasan lainnya karena sebagian besar milenial ingin jadi bagian dari suatu acara yang lagi happening dan gak mau ketinggalan. Di Jakarta sendiri, salah satunya adalah Djakarta Warehouse Project. Acaranya para penggemar musik EDM ini selalu ramai dibanjiri penonton setiap tahunnya. Di DWP, para penonton bisa mendengarkan secara langsung energiknya para DJ kelas dunia dalam memainkan lagu hits mereka.

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU