Susah Punya Temen Pelit!

  • 27-07-2018 / 16:34 WIB
  • Kategori:Genzi
Susah Punya Temen Pelit! Model: Athiya Nadhiva Pradissa (Universitas Muhammadyah Malang) dan Ayik Ayulanjani (Politeknik Kesehatan Kemenkes)

BANYAK alasannya….Temen pelit itu sering buat kita merasa jengkel. Kadang bisa bikin posisi kita serba salah. Mau dijauhin itu sudah seperti saudara, tapi lama-lama juga bikin jengkel.

Ketika memiliki sahabat yang pelit justru sebenarnya jangan ditinggalkan gengs. Sebagai orang yang nggak memiliki sifat pelit, alangkah lebih baik jika kamu membantu dan juga mengingatkan dengan baik, biar nggak bersikap seperti itu terus menerus.

Salah satu GenZier yang pernah memiliki sahabat yang super pelit adalah Kevinda Regina. Ia mengaku jika pernah memiliki sahabat sejak SMA dan sudah sangat akrab. Akan tetapi salah satu sikap yang nggak ia sukai dari sahabatnya adalah super pelitnya yang sudah nggak tertolong. “Anaknya seru sebenarnya, baik juga kok. Tapi kalau sudah urusan beli sesuatu itu susahnya minta ampun. Maunya dibeliin terus sampe kode-kode. Kan bikin kesel,” ungkap siswa SMAN 9 Malang tersebut.

Nggak hanya itu aja sih, sikap lain yang kadang bikin jengkel itu ketika sebenarnya ia memiliki banyak uang tapi hanya ditabung untuk barang-barang mahal yang ia suka.

“Padahal seminggu sekali ia bisa lho beli baju branded gitu sampe-sampe di sekolah nggak pernah jajan. Tapi kan kita jadi serba salah ketika lagi hangout bareng, mau beli snack aja nggak mau ngluarin uang sama sekali,” sambungnya.

Namanya sahabat mau diapain juga emang tetap sahabat sih ya. Meskipun begitu, Regina sapaan akrabnya bisa menyadari sifat sahabatnya tersebut dan perlahan ia selalu mengingatkan sambil bercanda agar sahabatnya nggak sampai tersinggung..

“Caraku buat nyadarin dia sih biasanya malah sering aku traktir dan aku belikan jajan. Harapanku sih lama-lama dia ada rasa sungkan gitu,” lanjut siswa kelas 11 tersebut.

Memiliki sahabat yang super duper pelit juga dirasakan oleh siswa asal SMAN 7 Malang, Mitha Cahyani. Ia mengungkapkan, ada sahabatnya begitu mudah asal comot makanan miliknya saat sedang jajan, tapi giliran miliknya dicomot justru keberatan.

“Sebenarnya nggak masalah sih makanan saling ambil gitu aja, apa lagi sama sahabat sendiri. Tapi kan seharusnya jika makanan dia diambil juga fine-fine aja kan, nggak seharusnya ngomel-ngomel. Kelihatan banget nggak boleh dimakan bersama,” jelasnya.

Nggak jarang emang sifat tersebut membuat Mitha jadi ilfeel. Untungnya mereka sudah bersahabat sangat lama jadi kalau ngingetin asal ceplas ceplos aja nggak mikir tersinggung, karena emang sudah sangat dekat dan akrab.

“Nggak jarang kalau aku ngingetin sahabatku dan ngomongpun nggak pernah aku saring. Tapi ya gimana lagi emang sudah bawaan dia sih, jadi cuma ketawa-ketawa gitu aja. Kalau diingetin baru dia sadar. Tapi besok ya balik seperti semula. Hahaha,” pungkasnya

Tapi Genzier juga perlu tahu lho, pelit sama irit itu beda tipis. Sikap irit justru perlu kamu miliki jika ingin keuanganmu aman. Gak hanya menuruti keinginan, tapi kamu berusaha juga untuk menabung. Berbeda dengan sifat pelit yang membuatmu sama sekali gak mau rugi dan membuat jengkel orang lain. (*/oci)

 

 

TIPS

Coba deh terapkan tips ini buat kamu yang punya sahabat super pelit biar dia sadar.

1. Tetap Bersikap Baik

Meskipun sahabatmu bersikap pelit, tetaplah bersikap baik dan ikhlas menolongnya karena sifat yang buruk tidak harus selalu dilawan dengan sikap yang sama. Oleh karena itu selalu bersikap baik dapat menjadi contoh yang benar.

2. Sindir

Memberi peringatan dengan cara menyindir, bisa menjadi cara yang halus dan secara tidak langsung menegurnya. Orang pelit biasanya suka iri dengan seseorang yang mendapatkan lebih. Nah, lakukan sebuah sindiran untuk membuatnya sadar jika yang dilakukannya itu salah.

3. Berbicara Jujur

Jika teguran lewat sindiran tidak mempan terhadap dirinya, sudah saatnya kamu untuk berkata jujur kepadanya. Mungkin hal ini akan membuatnya merasa tersinggung, namun demi kebaikan dirinya tidak ada salahnya kamu mencoba untuk berterus terang.

4. Ikhlas

Ketika beberapa cara tersebut sudah kamu lakukan dan sahabat kamu belum bisa berubah juga, mungkin kamu yang harus bisa memahami sifat mereka tersebut. Lagi pula pasti masih banyak sifat positif lainnya yang terdapat pada diri mereka. Oleh karena itu harus iklhas dan tetap berteman dengan orang pelit tidak akan menjadi permasalahan besar buat kamu.

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU