Me and My Bestie

  • 29-07-2018 / 11:16 WIB
  • Kategori:Genzi
Me and My Bestie Lokasi: Pawvillon Dog Cafe | Model: Dominiqua Fedora Emmanuel (SMAK Kolose Santo Yusup)

Memiliki teman yang selalu ada dan selalu mengisi rasa sepi kita, merupakan anugrah. Meskipun bukan manusia, melainkan hewan peliharaan imut dan menggemaskan yang selalu ada dan menjadikan moodbooster kita.

Uzla Thabitha Arya Putri, dari SMAN 8 Malang mempunyai pengalaman memiliki hewan peliharaan sejak duduk di bangku SMP.

"Dulu pas kelas 7 SMP aku pernah memelihara dua ekor kelinci, kemudian hamil dan melahirkan 13 anaknya. Pas masih bayi aku pegangi anaknya, ternyata induknya nggak mau merawat, karena sudah bau manusia. Akhirnya mati semua," Kata Uzla.

Namun sekarang Uzla memiliki kucing persia yang sangat menggemaskan dan lebih mudah merawatnya daripada kelinci.

"Kini aku punya Fido, dia kucing persia yang nggak agresif dari hewan lain. Fido sudah aku anggap sebagai bagian dari keluargaku sendiri karena aku memeliharanya sejak kecil. Apalagi kalau dia ribet diantara kaki-kaki, uhh gemes," ujar siswi yang duduk di kelas XI ini.

Uzla dan Fido saling menunjukan rasa sayangnya mulai dari Uzla yang nemenin Fido ke Salon hingga Fido yang nemenin Uzla mengerjakan pekerjaan rumah.

"Setiap pulang sekolah aku mencari Fido, selain kasih makan juga aku ajak mainan buat ngusir sepi gitu, kadang juga aku selalu nemenin Fido pergi ke salon, perawatan kuku dan lain-lain. Namun Fido juga selalu setia menungguku selesai mengerjakan tugas. Bahkan tugasku hampir dipipisi haha, " ujar Uzla sambil tertawa.

Ada juga kisah lucu yang dialami oleh Uzla bersama Fido.

"Pas itu kan lagi ngumpul-ngumpul sama temen, terus kami masak mie samyang. Nah Fido pas itu ikutan gitu. Kan makannya ditaruh di lantai sama temanku, terus sama Fido dijilat gitu , trus dia kepedesan sampe mukul-mukul mulutnya dia sambil melet-melet, " ujar Uzla.

Pengalaman memiliki hewan peliharaan juga diceritakan oleh Farida Luthfiatul Afifah, mahasiswi FIA Unisma yang memiliki kucing super imut yang menjadi pengalaman pertamanya memiliki hewan peliharaan.

"Aku punya kucing yang super fat and cute, jadi aku namakan Gemoy, yang kepanjangannya Gemas dan Bohay. Awalnya aku belum pernah memelihara hewan, namun aku jadi ingin mengadopsi kucing, karena merawatnya tidak terlalu ribet, dan akhirnya aku memilih Gemoy buat nemenin aku, " ujar mahasiswi yang akrab disapa Fifi ini.

Meskipun pertama kali memelihara hewan, namun banyak sekali pengalaman mereka. Mulai dari yang nemenin saat tidur sampai yang bangunin tidur.

"Bagi aku Gemoy itu temen  di rumahku, dia tuh manja banget. Sering kali waktu aku tidur dia naik ke ranjang dan ikutan tidur disampingku, unyuk banget nggak sih? Terus dia juga sering bangunin aku waktu tidur, dia juga manja ke ibuku waktu kita lagi duduk-duduk santai, eh! Dianya ikutan naik dan tidur. Hobinya Gemoy tuh tidur memang, " ujar Fifi

Tapi persahabatan mereka pernah mengalami kendala, disaat Gemoy bermain keluar tapi tak kunjung pulang. Alhasil, siang sampai malam disibukkan dengan mencari Gemoy, dari rumah-rumah tetangga hingga pet shop.

"Moodku hancur, waktuku habis hanya untuk menangisi Gemoy saat itu. Aku coba buat ngirim poster ke malang cat lovers di sosial media, namun juga nihil, " tegas Fifi.

Namun usaha Fifi ini pun tidak sia-sia, jungkir balik mencari Gemoy akhirnya berhasil ditemukan setelah dua hari menghilang. Meskipun keadannya lebih kurus dari sebelum dia hilang.

"Rencananya di hari kedua aku mau sebar poster ke jalan-jalan. Alhamdulillah ada tetangga yang punya banyak kucing merawat Gemoy. Kini moodku sudah kembali, seneng banget malah, " kata Fifi. (*/oci)

 

TIP

Punya hewan peliharaan itu wajib punya skill merawat. Ini dia tip ngerawat hewan peliharaan kesayanganmu!

1. Berikan Secara Rutin Obat Cacing dan Vaksin

Kalau punya hewan peliharaan, jangan lupa diberi obat cacing dan vaksin. Obat cacing sebaiknya diberikan setiap tiga bulan sekali. Kalau vaksin biasanya hanya diberikan saat hewan berusia 2 – 4 bulan.

 

2. Awas Serangan Kutu!

Hewan peliharaan kita bisa terkena kutu dari hewan lain. Hewan kecil ini bisa menyebabkan penyakit bagi kulit dan bulu hewan peliharaan kita. Jadi, selalu jaga kebersihan hewan peliharaan kita, supaya tidak terkena kutu, ya!

 

3. Ajak Peliharanmu Olahraga

Jika teman-teman memelihara anjing, jangan lupa untuk mengajaknya olahraga setiap hari. Olahraganya tidak usah lama-lama, secukupnya saja. O iya, olahraga sebaiknya dilakukan pukul 09.00 WIB, jadi bisa terkena sinar matahari. Sinar matahari bisa membuat bulu hewan peliharaan kering, jadi bulunya tidak akan lembab. Hewan peliharaan yang kegemukan harus rajin olahraga, kalau tidak, ia bisa terkena penyakit.

 

4. Perhatikan Makanannya

Ternyata, hewan peliharaan kita tidak boleh diberi sembarang makanan. Kita harus memberikan makanan yang memang dibuat untuk hewan. O iya, makanan untuk hewan peliharaan juga tidak boleh mengandung bumbu.

 

5. Periksa Rutin Kesehatannya

Ada beberapa hewan peliharaan yang bisa hidup cukup lama. Kalau Teman-teman punya hewan peliharaan yang sudah tua, jangan lupa periksakan kesehatan mereka secara rutin. Hal itu bisa membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan berusia tua itu.

 

sumber: bobo.grid.id

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU