Kesempatan Profesi Cukup Luas, Prodi Ilmu Hukum Paling Favorit

  • 03-07-2019 / 18:40 WIB
  • Kategori:Kampus
Kesempatan Profesi Cukup Luas, Prodi Ilmu Hukum Paling Favorit

MALANG - Prodi Ilmu Hukum menduduki posisi teratas yang paling diminati oleh para pendaftar di Universitas Brawijaya (UB). Sebelumnya, UB sendiri menjadi Perguruan Tinggi yang paling diminati oleh para pendaftar. Dengan daya tampung hanya 5.616 mahasiswa, UB diminati oleh setidaknya 55.871 pendaftar.

Usai pendaftaran ditutup pada Senin (26/6) lalu, 2.584 pendaftar memilih Prodi Ilmu Hukum di UB baik itu pada pilihan pertama maupun kedua. Padahal daya tampung dari Prodi Ilmu Hukum pada penerimaan mahasiswa baru kali ini hanya bagi 267 mahasiswa.

"Menurut data yang dirilis di web SBMPTN memang demikian (paling diminati), bisa jadi karena iklim akademik yang egaliter, dan suasana belajar di UB dan kota malang yang nyaman," kata Dekan Fakultas Hukum UB Dr. Muchamad Ali Safa'at, SH., MH pada Malangpostonline.com.

Selain itu Ilmu Hukum saat ini dinilai sebagai bidang studi yang memberikan kesempatan profesi yang cukup luas. Lantaran hampir semua lini membutuhkan Ilmu Hukum sebagai instrumen utama yang tak bisa dipandang sebelah mata. "Kesempatan profesi (lulusan) hukum luas," lanjutnya.

Pada SBMPTN kali ini setelah prodi Ilmu Hukum, disusul oleh Agroteknologi dengan 2.202 pendaftar pada posisi kedua. Kemudian prodi Ilmu Administrasi Bisnis dengan 1.598 pendaftar. Selanjutnya pada posisi ke empat ada pada prodi Pendidikan Dokter dengan 1.468 pendaftar.

Sebelumnya, dari jumlah total 55.871 yang mendaftar di UB, ada 33.987 pendaftar program studi Saintek yang daya , sedang sisanya sejumlah 21.884 pendaftar adalah program studi Soshum. Untuk prodi Saintek daya tampung yang ditetapkan sebanyak 3627 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 18.423 dan pilihan kedua mencapai 15.564.

Sedangkan pada prodi Soshum daya tampung sebanyak 1.988 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 12.580 dan pilihan kedua sebanyak 9.304.

Selain itu, UB menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang memutuskan untuk tidak menggunakan kriteria lain selain nilai hasil UTBK. Hal tersebut dikarenakan, UTBK sudah dianggap mewakili diri seorang calon mahasiswa. Kemudian keputusan untuk tidak menggunakan kriteria lain adalah untuk menjaga transparansi penerimaan mahasiswa di UB. (mg3/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU