Khatib Idul Adha di UB Ingatkan Modal Penting Bangun Bangsa

  • 11-08-2019 / 09:25 WIB
  • Kategori:Kampus
Khatib Idul Adha di UB Ingatkan Modal Penting Bangun Bangsa Khatib Shalat Idul Adha UB memberi pesan patriotisme sebagai bagian dari makna pengorbanan di momen Idul Adha tahun ini.

MALANGPOSTONLINE.COM - Jalan menguatkan nasionalisme menuju negeri baldatun thayyibatun warobun ghofur, menjadi tema yang diusung pada Idul Adha Universitas Brawijaya (UB), Minggu (11/8). Nasionalisme yang diwujudkan melalui sikap patriotisme juga merupakan bagian dari wujud 'korban' dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kebersamaan, patriotisme terhadap bangsa dan negara juga perlu diambil dari peringatan Idul Adha. Menghindari kemungkaran dan perpecahan merupakan modal utama untuk mengembangkan potensi demi kemajuan suatu bangsa," tutur Khatib, Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP UB.

Patriotisme perlu dimaknai sebagai keikhlasan pengorbanan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab berkorban memiliki makna yang sangat luas mencakup seluruh aspek dalam kehidupan manusia di dunia. "Pada akhirnya adalah terciptanya tatanan hidup berbangsa dan bernegara yang damai dan sejahtera,"kata Muwafik.

Sementara itu, UB menggelar shalat Idul Adha berjamaah yang dihadiri oleh Rektor, Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR., MS beserta jajaran pimpinan, civitas akademika dan juga masyarakat umum di Lapangan Rektorat UB.

Usai melaksanakan salat, agenda kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di belakang Gedung Kegiatan Mahasiswa (GKM dh. Student Center).

Kali ini, Pusat Pembinaan Agama UB (PPA UB) menghimpun 14 ekor sapi dan 21 ekor kambing yang merupakan sumbangan dari rektorat, fakultas, lembaga BAZIS, bank mitra,  serta donatur lainnya.

Daging kurban yang terkumpul akan dibagikan kepada sejumlah panti asuhan, yayasan sosial, masyarakat sekitar dan karyawan UB, dengan total 2.500 kupon yang dibagikan untuk pengambilan daging kurban. (mg3/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader :
Penulis : asa
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU