Mahasiswa KKN 104 UMM

Bangun Gazebo Taman Baca untuk Literasi Ngantang

  • 14-08-2019 / 10:57 WIB
  • Kategori:Kampus
Bangun Gazebo Taman Baca untuk Literasi Ngantang

MALANGPOSTONLINE.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 104 desa Warurejo Kecamatan Ngantang melakukan pembangunan gazebo taman baca sebagai pogram pengabdian masyarakat. KKN kelompok 104 UMM sendiri mempunyai beberapa program yang diharapkan bisa membantu kemajuan literasi anak-anak Desa Waturejo, salah satunya adalah pembangunan gazebo taman baca. 

“Kami melihat karena minat baca anak-anak di Desa Waturejo sangat minim, dan juga agar terdapat kenangan dari mahasiswa kelompok 104 ke Desa Waturejo,” ujar Ketua Koordinator Divisi, Dewi Naylin Ni’mah kepada Malangpostonline.com.

Menurutnya, ide ini muncul pada saat anggota kelompok KKN 104 melakukan survey di Desa Waturejo. 

“Saya melihat di Desa Waturejo ini sebagai desa wisata, jadi dibangun banyak gazebo sebagai tempat beristrihat serta bercengkrama. Namun, menurut saya fungsi tersebut masih belum maksimal," kata dia.

Sebab, lanjutnya, tidak adanya sesuatu yang bisa membuat Desa Waturejo berkembang dari segi anak-anak terkait minat bacanya yang kurang. Maka dari itu mahasiswa berinisiatif membuat pembangunan gazebo yang didalamnya terdapat perpustakaan mini yang bisa juga digunakan sebagai tempat belajar.

Naylin mengatakan, dalam program pembangunan gazebo taman baca pada awalnya menemukan beberapa kendala. Salah satunya adalah proses pengerjaan pembangunan gazebo yang harus membutuhkan bantuan warga desa Waturejo.

Dimana pembuatan gazebo taman baca yang harusnya selesai lebih awal, karena terdapat kendala berupa masyarkat Waturejo banyak yang harus bekerja, sehingga pengerjaan sedikit terlambat. Lebih lanjut, dengan adanya kerja sama antara kelompok 104 UMM dengan masyarakat Waturejo, diharapkan masyarakat Waturejo dapat merawat serta anak-anak Waturejo dapat mempergunakan sesuai dengan mestinya. (oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : Rosida
Fotografer : Rosida

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU