Mahasiswa KKN 02 Unmer Malang

Canangkan Desa Rembun Sebagai Sentra Jamu

  • 14-08-2019 / 14:24 WIB
  • Kategori:Kampus
Canangkan Desa Rembun Sebagai Sentra Jamu Mahasiswa KKN 02 Unmer Malang siap majukan perekonomian jamu tradisional Desa Rembun menjadi central industri.

MALANGPOSTONLINE.COM -  Kuliah Kerja Nyata (KKN) 02 Universitas Merdeka (Unmer) Malang 2019 sukses menjadi pelopor pencanangan Desa Rembun, Kec. Dampit, Kab. Malang menjadi sentra industri jamu. Kegiatan berlangsung meriah di Balai Desa Rembun dan dihadiri oleh  Ketua Pengurus Yayasan PT Merdeka Malang, H Supriyoso, S.IP, Kol. Purnawirawan dan didampingi Kapus PPKM Unmer Andy Poerwanto, S., SH., MH serta Kepala desa dan warga sekitar, Selasa (13/8) lalu. 

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh tarian suwe ora jamu kolaborasi murid-murid SD Rembun dan mahasiswa KKN 02 Unmer sebagai kreatifitas seni dari kebudayaan. 

Mengingat Desa Rembun sebagian besar penduduknya adalah pengusaha jamu rumahan, kelompok KKN 02 Unmer melakukan program pencanangan untuk meningkatkan potensi jamu menjadi sentral industri di Desa Rembun. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian rakyat melalui pendampingan dan optimalisasi pemasaran produk dan kemasan produk.

Menurut Divisi Humas KKN 02 Unmer Diska Anindya Octaria, mereka melihat potensi yang ada di Desa Rembun yang memiliki bahan baku empon. Sehingga mereka berinisiatif membantu masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produk jamu menjadi berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

“Sampai saat ini warga Desa Rembun masih ada sekitar 40 warga yang memproduksi jamu tradisional dengan empat varian rasa, yaitu beras kencur, kunir asem, sinom dan cabe puyang. Tapi masih kurang dalam pengembangan strategi pemasaran dan kemasan produk, maka dari itu KKN 02 Unmer ingin menjadi pelopor dalam pengembangan Jamu tradisional di desa ini,” ucap perempuan yang akrab disapa Diska kepadaMalangpostonline.com

Deska menambahkan, besar harapan kami berdasarkan bukti hasil kerja dan kreativitas KKN 02 Unmer tentunya sebagai pelopor pengoptimalisian jamu tradisional Desa Rembun. (mp4/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : Agiem
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU