Mahasiswa Revitalisasi Wisata Alam Banyu Umbulan

  • 16-08-2019 / 15:28 WIB
  • Kategori:Kampus
Mahasiswa Revitalisasi Wisata Alam Banyu Umbulan

MALANGPOSTONLINE.COM Wisata pemandian air alami Banyu Umbulan yang terletak Dusun Umbulrejo, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang kini di sulap menjadi lebih indah oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 03 Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Melalui program unggulan, yaitu revitalisasi dengan pembangunan spot foto yang akan dijadikan sebagai ikon wisata.

Sebelumnya, banyak problematika yang ada di sekitar wisata alam Banyu Umbulan. Terutama terbengkalainya beberapa fasilitas fisik, sampah-sampah yang belum memiliki pusat penampungan akhir, dan media pemasaran wisata yang dianggap memadai.

Ketua Kelompok KKN 03 Unmer Malang Royhan Fikri menjelaskan, mereka menemukan solusi yang dilakukan oleh Divisi Lingkungan, dan ini justru merupakan respons terhadap kondisi alam yang justru memiliki keunggulan. 

“Rimbunnya pepohonan yang teduh, udara yang sejuk, akses jalan menuju lokasi utama, dan didukung kejernihan sumber air terbesar di wilayah desa tersebut membuat KKN 03 Unmer berinisiatif memulihkan kondisi alam menjadi berguna dan bermanfaat,” jelas mahasiswa yang akrab Fikri kepada Malangpostonline.com

Menurutnya, wisata Banyu Umbulan ini sering dilakukan oleh wisatawan sebagai tempat untuk berfoto-foto. Sehingga spot foto yang mewakili pemandangan menarik dan bagus akan disukai banyak pengunjung. Oleh karena itu spot foto dan rehabilitasi fasilitas menjadi prioritas program utama dengan menerapkan strategi revitalisasi tourist object. Hal ini sekaligus upaya untuk mencapai kesadaran bersama dalam mengembangkan potensi sumber daya alam yang menjadi unggulan.

“Memang untuk mewujudkan ini membutuhkan proses yang cukup panjang, terutama dalam mencapai kesepahaman menentukan sikap positif secara bersama-sama,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, pembangunan spot foto di Wisata Banyu Umbulan ini bertujuan untuk meningkatkan lagi minat pengunjung bagi orang yang menginginkan momen foto bagus dengan pemandangan bendungan yang dikelilingi jajaran pohon pinus serta suasana alam yang sejuk membuat pengunjung tidak merasa bosan saat berkunjung ke Wisata Banyu Umbulan. 

Besar harapan KKN 03 Unmer Malang bahwasanya spot foto Banyu Umbulan ini untuk masa depannya selalu diperhatikan kebersihannya, juga tetap terjaga kelestarianya hingga tiba saatnya menjadi wisata yang unggul seperti wisata ternama yang lainnya dan diminati banyak pengunjung. 
"Kami ucapkan selamat berkunjung bagi seluruh wisatawan," pungkasya. (mp4/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : Agiem
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU