KKN 11 Unmer Malang

Suarakan Bahaya Nikah Dini Desa Langlang

  • 16-08-2019 / 19:21 WIB
  • Kategori:Kampus
Suarakan Bahaya Nikah Dini Desa Langlang Mahasiswa KKN 11 Unmer Malang foto bersama dengan siswa-siswi SMP Islam Fatahillah, Sabtu (3/8) lalu.

MALANGPOSTONLINE.COM - Prihatin maraknya pernikahan dini, Mahasiswa KKN Universitas Merdeka (Unmer) Malang mengedukasi warga Desa langlang Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang . Pada, Sabtu (3/8), digelar “Penyuluhan dan Edukasi Masyarakat terkait Pernikahan Dini” di SMP Islam Fatahillah.

Dosen Pendamping Lapangan KKN 11 sekaligus dosen Fakultas Psikologi Unmer Malang Deasy Christia Sera, S.Psi., M.Si  menyampaikan, pernikahan pada usia dini berpotensi menghadapi kenyataan hidup yang lebih kompleks di waktu yang tidak ideal. Situasi ini menjadi pemicu terjadinya persoalan rumah tangga. Bahkan kerap terjadi berbagai masalah, diantaranya 80 persen pelaku pernikahan dini belum memiliki pekerjaan dan masih menumpang dengan orangtuanya.

"Masalah rumah tangga ini juga bisa berujung pada terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga masalah sosial lainnya, dan juga pada tumbuh kembang anak,” kata dosen yang akrab disapa Deasy kepada Malangpostonline.com.

Deasy menambahkan, perempuan yang menikah pada usia dini juga akan kehilangan masa berkembangnya hingga kesempatan untuk bisa menuntut ilmu lebih tinggi. Sebab, pada umumnya anak yang menikah dini akhirnya harus putus sekolah.

“Perempuan yang menikah pada usia dini juga rentan mengalami Kematian pada saat melahirkan, bukan hanya pada ibu tapi juga pada anak yang di lahirkan resiko terkena stunting lebih besar,” lanjut Deasy.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk menyuarakan tentang bahaya dan dampak negatif dari pernikahan dini. Sehingga upaya pencegahan melalui pendidikan formal dan penyuluhan pernikahan dini terhadap anak remaja yang di lakukan oleh KKN 11 Unmer Malang ini menjadi salah satu upayanya.

Kepala SMP Islam Fatahillah Widodo, S. Pd. mengaku senang dengan acara tersebut. Menurutnya, pernikahan dini menjadi salah satu masalah yang cukup penting bagi remaja. Apalagi di era saat ini, sudah banyak terjadi pasangan muda berani melaksanakan pernikahan pada usia dini, tanpa memikirkan problematika dalam pernikahannya kelak.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa KKN 11 Unmer Malang karena sudah berkontribusi memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi kami, sukses untuk Unmer,” pungkasnya. (mp4/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : Agiem
Fotografer : Agiem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU