ITN dan Glintung Go Green Kolaborasi Bangun Negeri

  • 16-08-2019 / 19:27 WIB
  • Kategori:Kampus
ITN dan Glintung Go Green Kolaborasi Bangun Negeri ITN jalin kerja sama dengan Glintung Go Green (3G) menciptakan laboratorium lapang bagi mahasiswanya.

 

MALANGPOSTONLINE.COM -  Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memperkuat kerja sama dengan Glintung Go Green melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Jumat (16/8). Rektor ITN Dr. Ir. Kustamar, M.T menyebut bahwa kerjasama ini menjadi simbiosis mutualisme antara ITN dengan Glintung Go Green.

"Melalui kerja sama ini mereka menyodorkan masalah ke kita. Jadi para akademisi di sini tidak kesulitan untuk mencari masalah untuk penelitian, sekaligus menemukan solusinya. ITN memiliki jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) hingga Teknik Lingkungan. Kalau ada MoU, selanjutnya harus ada aksi," sebutnya.

Kustamar menyampaikan bahwa kerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Glintung Go Green dapat menciptakan Laboratorium lapang yang justru sangat dibutuhkan oleh para akademisi. Sebab, akademisi ITN tak hanya membutuhkan teori saja, melainkan juga praktek bahkan sejak awal menempuh studi.

Kustamar sempat menjelaskan bahwa peran mahasiswa Perguruan Tinggi semacam ITN tak bisa mengandalkan teori. Semakin awal terjun langsung ke lapang justru semakin menimbulkan dampak baik bagi para mahasiswa tersebut. Untuk itu, kerjasama dengan Glintung Go Green, memperluas kesempatan mahasiswa untuk praktik dan terlibat langsung dalam pemecahan persoalan di tengah masyarakat.

Manajer Glintung Go Green, Ir. Bambang Irianto mengatakan bahwa kerjasama dengan ITN menjadi sinergi yang telah ditunggu-tunggu. Lantaran kerja sama dengan Perguruan Tinggi sebelumnya hanya sebatas hitam di atas putih. Jadi menurutnya belum banyak kerja sama yang berlanjut secara konsisten.

Ir. Bambang Irianto sejauh ini dikenal sebagai aktivis lingkungan yang meraih penghargaan Kalpataru berkat perannya dalam mengelola berbagai kampung. Tak hanya disekitar Malang Raya, tapi juga di berbagai wilayah di Indonesia. Sudah barang pasti ia menemui berbagaipersoalan dalam pengelolaan sejumlah kampung tersebut.

"Setelah kerjasama ini, kita langsung gandeng ITN untuk replikasi kampung di RW 18 kelurahan Purwantoro yang sebelumnya ditunjuk langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Kampung tersebut dikenal rawan banjir ketika musim penghujan tiba," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, sempat juga dilakukan sedikit diskusi terkait dengan rencana aksi wujud dari kerja sama ITN dengan Gelintung Go Green. Di bahas langsung dengan pakar akademisi ITN terkait dengan rancangan modifikasi lingkungan, hingga strategi dalam membangun konservasi lingkungan.

Sementara itu, Bambang juga menyebut bahwa kerjasama dengan ITN menjadi sinergi dalam membangun negeri. Sebab ke depannya tentu kerjasama tak hanya berhenti pada kampung-kampung yang ada di Malang.

"Kerjasama antara ITN dengan Glintung Go Green bisa diartikan sebagai kerjasama dalam membangun negeri. Karena nanti langsung kita aplikasikan ke lorong-lorong kampung di seluruh negeri," tutupnya. (mg3/sir/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU