Unisma-Pemkot Malang Seriusi Halal Tourism

  • 21-08-2019 / 17:14 WIB
  • Kategori:Kampus
Unisma-Pemkot Malang Seriusi Halal Tourism

MALANGPOSTONLINE.COM - Universitas Islam Malang (Unisma) mengambil peran dalam sinergitas perwujudan Halal Tourism Kota Malang, melalui pelaksanaan Bimbingan Teknik (Bimtek) Sistem Jaminan Halal kepada seluruh pelaku bisnis makanan Kota Malang di Lt. 4 Gedung Utama Unisma, Rabu (21/8).

Bimtek tersebut merupakan sinergi antara Halal Center Unisma dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, dalam rangka Penguatan Destinasi Wisata Halal Kota Malang. Bimtek kali ini juga dihadiri oleh sejumlah perguruan tinggi yang telah memiliki Halal Center lainnya yang bekerja sama dengan Disbudpar seperti perwakilan UB, UM, UIN Malang, hingga UMM.

Latar belakang pemberian Bimtek ini ialah mayoritas masyarakat Indonesia yang merupakan penganut agama Islam. Sehingga membuat Halal Tourism menjadi salah satu tuntutan mutlak yang harus diwujudkan. Sebab, Halal kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup tak hanya bagi kalangan penganut agama Islam. Namun juga kalangan masyarakat umum.

"Tren halal tak hanya di negara mayoritas muslim seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, tapi juga ada di negara-negara Eropa hingga Australia. Karena halal sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat dunia," tandas Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri, M.Si.

Oleh karenanya, standarisasi melalui sertifikasi halal harus jelas dipahami oleh para pelaku bisnis makanan yang menjadi salah satu faktor utama dalam Halal Tourism. Lantaran saat ini, lembaga sertifikasi halal tak hanya berpusat pada kewenangan MUI seperti sebelumnya.

Saat ini, MUI disebut telah menggandeng sejumlah perguruan tinggi yang telah memiliki lembaga pusat halal, untuk membantu mengeluarkan sertifikasi halal kepada para pelaku bisnis atau bidang-bidang lain yang membutuhkan sertifikasi halal.

"Unisma sendiri sudah sekitar enam tahun memiliki Halal Center. Kita sudah bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI dalam hal sertifikasi halal," lanjutnya. (mg3/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU