Gagas Desa Tumbuhan Herbal di Amandanom

Mahasiswa KKN 04 Unmer Malang
  • 26-08-2019 / 13:45 WIB
  • Kategori:Kampus
Gagas Desa Tumbuhan Herbal di Amandanom

MALANGPOSTONLINE.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 04 dari Universitas Merdeka (Unmer) Malang  yang bertempat di Desa Amadanom melakukan penanaman tanaman herbal sebagai salah satu upaya mewujudkan Desa Amadanom sebagai desa dengan tumbuhan herbal.

Program ini mengusung tema 'Pemanfaatan Tanaman herbal dan Sayuran Untuk Kualitas Hidup Sehat'. Tanaman herbal atau lebih dikenal dengan Tanaman Toga ini sendiri adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat untuk kesehatan.

Ketua KKN 04 Ditiya Wahyu Kusuma mengatakan, tanaman herbal sangat bermanfaat bagi masyarakat, mulai dari khasiatnya sampai dengan mengurangi pengeluaran keuangan untuk membeli di pasar.

“Maka dari itu kami dari KKN 04 Unmer Malang berinisiatif untuk membagikan tanaman toga dan sayuran yang sudah di kemas dalam polybag kepada masyarakat Amadanom,” kata mahasiswa yang akrab disapa Ditiya kepada Malang Post.

Program pemberian polybag dan tanaman herbal ini didistribusikan ke beberapa tiga RT mulai dari RT 09, 07, dan 09. Pembagian polybag ke ke 3 RT tersebut berlangsung selama dua hari yakni Kamis dan Jum'at (15/16/8).

Ditya mengungkapkan, beberapa warga mengaku senang atas pembagian polybag yang diberikan oleh KKN 04 Unmer Malang. Polybag itu sendiri berupa tanaman tomat,  terong,  sawi,  cabai,  dan kelor yang masing-masing warga mendapatkan minimal 3 polybag.

“Bahwa pemberian polybag kepada warga sangat penting guna untuk meringankan beban dari segi finansial, selain itu bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sehat hidup di dalam masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, tanaman sayur dan toga di sekitar rumah pada saat tumbuh besarnya nantinya akan memberi manfaat untuk dirinya sendiri.

“Kalau tanaman itu sudah besar nanti, pemilik rumah bisa tinggal panen atau petik saja untuk kebutuhan memasak,”katanya.

Pembagian untuk masyarakat Amadanom kurang lebih 200 polybag dengan menggunakan kendaraan desa.

Menariknya, saat KKN 04 Unmer Malang melakukan pembagian, ada beberapa anak kecil dari desa Amadanom juga turut membantu mengangkat polybag.

"Saya bantu mas-mas disini soalnya ingin naik kendaraan tosa itu," ujar salah satu anak kecil dari desa Amadanom.

Dari banyak program  kerja dari KKN 04 Unmer Malang, pemberian polybag serta tanaman merupakan salah satu program kerja unggulan di desa Amadanom,  khususnya untuk Amadanom selatan. (mp4/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : Agiem
Fotografer : Agiem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU