PIM Kampus Gelar Seminar Karir Tingkatkan Softskill Masuk Dunia Kerja

  • 27-08-2019 / 09:48 WIB
  • Kategori:Kampus
PIM Kampus Gelar Seminar Karir Tingkatkan Softskill Masuk Dunia Kerja KARIR: Ratusan mahasiswa AKAFARMA PIM dan AKFAR PIM mengikuti seminar peningkatan softskill memasuki dunia kerja.

MALANGPOSTONLINE.COM - Kemampuan mengambil keputusan, kreativitas dan mampu berkomunikasi untuk bersaing dalam berkarir harus dimiliki ratusan mahasiswa Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) serta Akademi Farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang (PIM). Keahlian dasar ini diungkapkan dalam seminar karir untuk ratusan mahasiswa kampus tersebut di Hall Kampus PIM, Sabtu (24/8).  

Dua orang pemateri dihadirkan oleh kedua akademi di bidang kesehatan terbesar di Malang Raya ini. Pemateri pertama diberikan Debora Irawati, S.Psi. Ia memaparkan tentang tahapan seleksi kerja mulai dari seleksi administratif, berupa pembuatan curriculum vitae (CV) yang menarik, seleksi psikotest dan seleksi wawancara. “Saya beri tips dan trik dalam seleksi administrasi,” katanya pertama kali.

Menurut dia, yang paling penting adalah pembuatan CV. “Sebab ini yang akan dilihat pewawancara. Dengan CV yang bagus, calon pekerja dapat menjual atau menunjukkan kompetensi yang mereka miliki,” ungkap wanita yang juga guru Bimbingan Konseling ini kepada ratusan mahasiswa tersebut. Dalam sesi itu, Debora juga meminta para mahasiswa melakukan simulasi pembuatan CV.

 “Dari simulasi pembuatan CV milik peserta seminar, baru 40 persen saja yang sudah masuk kriteria menarik dan bagus dalam pembuatannya,” ungkap dia. Sementara, materi kedua diberikan Prof. Dr. Umi Dayati, MPd. Dia menitikberatkan pada tips dan triks secara psikologis. Mulai dari penampilan, ekspresi wajah sampai dengan gestur tubuh dan intonasi saat melakukan wawancara.

Para pemateri berharap, setelah mengikuti seminar karir ini, calon lulusan dari kampus yang bertagline “Touch Your Future” tersebut dapat lebih mudah masuk ke dunia kerja. “Seminar karir yang diadakan di kampus AKAFARMA dan AKFAR PIM merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk mahasiswa semester akhir. Tujuannya mahasiswa siap menghadapi kehidupan dalam bekerja,” ujar Ketua Pelaksana Seminar Kari, Andini, SPd, MA. 

Ratusan mahasiswa AKAFARMA dan AKFAR PIM mengikuti seminar karir tersebut dengan antusias. Ini terlihat saat proses simulasi mulai dari pembuatan CV hingga pelaksanaan psikotest yang diadakan. Antusias peserta dari kampus yang beralamat di Jalan Barito No 5 Kota Malang tersebut, ditutup dengan flashmob dari lagu berjudul Sampai Jumpa milik grup Endank Soekamti. (mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU