Danlanud Mantapkan Jiwa Nasionalisme 7.500 Maba UMM

  • 02-09-2019 / 12:18 WIB
  • Kategori:Kampus
Danlanud Mantapkan Jiwa Nasionalisme 7.500 Maba UMM

MALANG - Setidaknya 7.500 mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat bekal pemantapan jiwa nasionalisme langsung oleh Komandan Lanud (Danlanud) Abdulrahman Saleh, Hesly Paat. Danlanud menuturkan, sudah semestinya maba sebagai generasi milenial mendapat pengetahuan mendalam terkait dengan sikap cinta tanah air dan bela negara.

"Para maba sebagai pemuda Indonesia harus meningkatkan sikap cinta pada tanah air, salah satunya melalui kegiatan bela negara. Itu penting dimiliki oleh para pemuda yang ada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Hesly Paat usai menjadi Komandan Upacara pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) UMM di Helipad UMM, Senin (2/8).

Terpisah, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd menyampaikan bahwa pada Pesmaba kali ini para maba akan dibekali sejumlah wawasan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Meskipun mereka akan hidup pada era yang semuanya didukung oleh teknologi, namun karakter kepribadian berkebangsaan wajib dimiliki oleh setiap pribadi mereka.

"Menyiapkan generasi untuk menghadapi tantangan zaman merupakan tanggung jawab kami," pungkas Fauzan pada Malangpostonline.com.

Sementara itu, di antara 7.500 mahasiswa  UMM yang berasal dari seluruh kawasan Indonesia, juga terdapat 93 mahasiswa asing dari 25 negara di seluruh dunia. Para mahasiswa asing tersebut menempuh studi di UMM melalui berbagai program. Mulai dari beasiswa langsung dari UMM, beasiswa dari pemerintah Indonesia, hingga beasiswa daei negara mereka masing-masing.

Salah satu mahasiswa asing tersebut adalah  Abdul Rakhi dari Afghanistan yang memilih jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi UMM. Abdul menempuh studi di UMM berkat beasiswa dari pemerintah Indonesia. 
"Di negara saya juga ada studi ekonomi, tapi masih belum sebagus di UMM. Makanya saya memilih belajar di Muhammadiyah yang menurut saya memang bagus," ujarnya. (mg3/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : asa
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU