HUT Kota Batu

JAPRO AKAFARMA PIM Menangkan Lomba Jamu Millenial

  • 09-11-2019 / 14:16 WIB
  • Kategori:Kampus
JAPRO AKAFARMA PIM Menangkan Lomba Jamu Millenial JUARA: Memperingati HUT Kota Batu, AKAFARMA PIM memenangkan Lomba Jamu Millenial yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Batu.

Malangpostonline.com- Jamu Probiotik (JAPRO) milik Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang (PIM) kembali menorehkan prestasi. Bulan Juli 2019 lalu, berhasil menyisihkan ratusan mahasiswa dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Gedung Baru Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Tepatnya, Jumat, 8 November 2019 lalu, JAPRO (Jamu Probiotik Yo Mantep Ta) kembali menjadi yang terbaik atau meraih Juara I dalam ajang Lomba Jamu Millenial yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Batu, dalam rangkaian HUT Kota Wisata Batu. JAPRO sendiri merupakan produk jamu kekinian yang berasal dari fermentasi air leri (cucian beras), temulawak dan jeruk lemon.

Selain itu ditambah dengan beberapa topping antara biji selasih dan Nata De Coco serta taburan sereal jahe Indocafe yang berfungsi untuk anti boraks dan berfungsi untuk menjaga  kesehatan hepar dan ginjal. ‘Kehebatan’ JAPRO inilah, diakui saat acara minum jamu massal bersama 100 orang serta lomba pembuatannya di halaman Balai Kota Among Tani Batu.

20 peserta dari masyarakat umum, sekolah hingga perguruan tinggi saling beradu kreativitas dalam pembuatan jamu yang menyasar kaum millennial. “Kami sebagai generasi millenial mencoba membuat jamu yang kira-kira hits. Rasa jamu yang awalnya pahit, kami ekstrak dan kami inovasi menjadi rasa yang nikmat sebagai minuman probiotik,” ujar Ayrton Hega Alpha Zona, mahasiswa AKAFARMA PIM.

Dia dan Dwi Kurnia Ayu berharap jamu milenial yang telah dibuatnya bersama dengan teman-temannya di AKAFARMA PIM dapat menjadi produk paten dan dapat diproduksi secara masal layaknya jamu-jamu yang sudah ada dipasaran. Selain JAPRO tim dari AKAFARMA PIM juga mengusung tiga produk jamu lainnya dalam acara tersebut.

Yakni Jamu Langsung  Kulangsing (ramuan rebusan sirih, temu kunci dan bunga Telang ditambah sirup Rosella dan agar-agar daun Suji) diproduksi oleh Azmi Farra Dhia dan Syifa Rahmaini Sukma, Produk Jamu Capin Puding (Puding Kunyit) oleh Novira Rhielawati dan Dwi Kurnia Ayuningtyas serta “SUCANG” (susu secang dan kayu manis) oleh Elsa Ayura Prastika Naviry dan Choirotul Jannah. 

“Harapan kami kedepan mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam berkompetisi dan dapat bekerjasama dalam tim serta mahasiswa mampu membawa nama baik almamater Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang (AKAFARMA PIM),” ujar Anggraeni In Oktavia, S.P., M.Ling, pembimbing mahasiswa yang mengikuti Lomba Jamu Millenial. (mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU