Perkembangan Ilmu Ekonomi Merubah Tatanan Perilaku Manusia

  • 29-11-2019 / 08:22 WIB
  • Kategori:Kampus
Perkembangan Ilmu Ekonomi Merubah Tatanan Perilaku Manusia Prof. Dr. Armanu Thoyib, Sc.MSc (kiri) memaparkan materi tentang Siklus Perkembangan Pemikiran Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Malangpostonline.com - Perkembangan teknologinya nyatanya juga membawa perubahan pada bidang ilmu ekonomi. Berbagai teori baru pun bermunculan untuk dijadikan sebuah gagasan baru atau juga penyempurnaan dari pemikiran sebelumnya.

Upaya menyelaraskan kesepahaman tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB menyelenggarakan simposium Nasional Filsafat Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Kamis (28/11) di Gedung F lantai 7. Mendatangkan tujuh guru besar di antaranya Prof. Dr. Suyanto, MM, Prof. Dr. Eka Afnan Troena, FE dan Prof. Dr. Armanu Thoyib, Sc.MSc acara ini mengusung tema Perkembangan Pemikiran Ilmu Ekonomi dan Binsis.

Nara sumber sekaligus guru besar Manajemen FEB UB, Prof. Dr. Armanu Thoyib, Sc.MSc, mengatakan dalam perkembangan ilmu ekonomi di tengah pesatnya teknologi yang ada membuat perubahan dalam tatanan kehidupan manusia.

"Perubahan tersebut bisa kita lihat, misanya perusahaan atau organisasi yang lahir sebelum tahun 2000 dalam pemasarannya menggunakan cara yang lama bahkan fasilitasnya cenderung sebatasa telpon dan SMS," terang Prof. Armanu.

Selain itu generasi sebelum tahun 2000 sebagain besar untuk masuk ke era milenial banyak dibantu oleh anaknya. Perilaku tersebut sangat jauh digambarkan dengan era setelah 2000, dimana semua pemasarannya mayoritas menggunakan media sosial untuk memasarkan, pengembangan cita rasa dan lain sebagainya.

Paparan materi yang dibawakan oleh Prof. Armanu yakni seputar Siklus Perkembangan Pemikiran Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Siklus yang pertama yakni penciptaan teknologi sebagai hasil karya manusia (artafek). Perkembangan teknologi ini turut menggeser perubahan perilaku manusia dan siklus terakhir yakni munculnya adalah teknologi informasi yang terus membuat manusia berubah.

"Apabila perilaku tersebut berubah maka yang terjadi adalah perlunya membangun sebuah konsep filosofi paradigma untuk mencapai apa yang diinginkan," terangnya. 

Simposium nasional Filsafat Ilmu Ekonomi dan Bisnis 2019 diikuti oleh mahasiswa, dosen dan pegiat ekonomi. Kegiatan ini sekaligus salah satu Does Natalis ke-58 EB UB.

Ditemui secara terpisah, Ketua Panitia, Warter Agustim, SE.,MM, mengatakan, simposium nasional ini ditujukan untuk mencari kesepahaman dari perkembangan ilmu ekonomi yang terdiri dari tiga jurusan yakni Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

"Kegiatan ini kami ingin menyatukan ide atau gagasan dari banyak penelitian atau pemikiran sehingga temuannya bisa dibandingkan dengan teori atau penelitian yang ada sekarang ini sehingga bisa ditarii kesimpulannyang tepat," tandasnya.

Kedepan ilmu ekonomi akan terus berkembang sejalan dengan kemunculan teknologi informasi sehingga secara otomatis membawa perubahan ekonomi tersebut. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU