Pendaftaran SNMPTN 2020 Berbeda

  • 05-12-2019 / 08:41 WIB
  • Kategori:Kampus
Pendaftaran SNMPTN 2020 Berbeda

Malangpostonline.com -Tahapan pendaftaran calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 sudah dimulai. Namun caranya berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dibuka sejak 2 Desember 2019. Registrasi tersebut dibagi menjadi dua. Yakni untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) dan SNMPTN dilaksanakan 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020. Sedangkan registrasi UTBK dan SBMPTN berlangsung 7 Februari – 5 April 2020.

Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2020 mengalami sejumlah penyempurnaan. Menurutnya, penyempurnaan utama adalah proses registrasi yang dilakukan secara single sign on pada akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

“Registrasi ini wajib bagi semua calon pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Ini adalah pintu gerbang yang kita siapkan, melalui singel sign on ini kita berharap semua data informasi calon pendaftar akan kita konsolidasikan dengan lebih baik lagi, lebih mudah lagi,” ujar Nasih belum lama ini.

Nasih menyebut proses registrasi dimulai pada Senin (2/12/2019) hingga Selasa (7/1/2020). Proses itu, kata dia, harus dimanfaatkan secara optimal supaya bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Yakni pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selain itu, kata dia, pada seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 pihak sekolah bisa menentukan sendiri siswanya yang bisa masuk mengikuti proses seleksi. Menurutnya, sekolah yang terakreditasi A sebanyak 40 persen, sekolah terakreditasi B sebanyak 25 persen, dan sekolah terakreditasi C sebanyak lima persen. dapat mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kearsipan dan Humas Universitas Brawijaya (UB) Kotok Gurito, SE, mengatakan, di tahun ini ada beberapa perbedaan untuk jalur SNMPTN. Siswa wajib registrasi akun LTMPT, pemeringkatan dilakukan sekolah sesuai dengan ketentuan, dan pengumuman peserta yang berhak mendaftar SNMPTN. Ini setelah sekolah melakukan finalisasi pengisian PDDS.

“Pemeringkatan tersebut memperhitungkan nilai mata pelajaran misalnya jurusan IPA nilai yang diperhitungkan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan Biologi. Selain itu sekolah juga bisa menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik,” kata Kotok.

Pengisian PDDS serta pemeringkatan siswa oleh sekolah dilakukan pada 13 Januari hingga 6 Februari 2020. Sedangkan pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan mulai 11 – 25 Februari 2020 serta pengumuman pada 4 April 2020 pukul 15.00 WIB.

Sejuah ini PTN di wilayah Jawa Timur telah melalukan sosialisasi di berbagai daerah dengan pembagian yang berbeda-beda. Misalnya UB mendapatkan mandat sosialisasi dan promosi di wilayah Ngawi, Trenggalek, Tulungagung dan Kota Malang. Sedangkan UM di Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

“UB sudah sosialisasi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN ke Tulungagung, Trenggalek dan Kota Malang, PTN Jatim bagi tugas per wilayah,” terangnya.

Kotok melanjutkan, hingga sekarang belum diketahui berapa jumlah siswa yang telah melalukan tahap registrasi akun LTMPT. “Belum, karena sampai 7 Januari 2019 mendatang ini registrasi akun LTMPT saja. Belum ada laporan sampai sekarang, biasanya satu minggu setelah dibuka baru ada laporan dari pusat,” jelas dia.

Sebelum mendaftar SNMPTN siswa harus registrasi akun LTMPT, apabila terlambat maka yang bersangkutan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Atau tidak bisa mengikuti seleksi masuk PTN.

Sementara itu, Kabag Kerjasama dan Hubungan Masyarakat UM, Komariyah mengatakan  pihaknya belum berani memberikan informasi lebih lanjut. Namun dalam waktu dekat UM akan melakukan sosialisasi ke Pasuruan dan Blitar.

“Rencananya sosialisasi tersebut akan kami lakukan sebelum 20 Desember, nanti apabila sudah pelaksanaan dan update informasi yang jelas akan kami sampaikan,” kata dia. (lin/dtc/van/Malangpostonline.com)

Editor : van
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU