Universitas Ma Chung Digandeng Shizuoka University Kembangkan Bahan Bakar Jet dari Alga

  • 06-12-2019 / 20:44 WIB
  • Kategori:Kampus
Universitas Ma Chung Digandeng Shizuoka University Kembangkan Bahan Bakar Jet dari Alga Universitas Ma Chung jalin kerja sama dengan Shizuoka University Jepang khususnya pengerjaan proyek bahan bakar jet dari alga.

Malangpostonline.com – Lima tahun lebih menjalin kerja sama dengan Shizuoka University Jepang, baru-baru ini Universitas Ma Chung menandatangani MoU untuk mengerjakan proyek energi terbarukan, bahan bakar jet dari alga. Proses penelitian bahkan sudah berlangsung kurang lebih selama dua bulan di laboratorium Jepang.

Penandatanganan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sebab Universitas Ma Chung salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang digandeng oleh Shizuoka University. Undangan khusus ke kampus ternama di Jepang tersebut tak lepas dari sudah terjalinnya kerja sama lebih dari lima tahun dan telah merealisasikan banyak hal terutama dalam bidang saintifik.

“Dari hampir 10 negara yang diundang oleh Shizuoka University, hanya kami yang melakukan tanda tangan, karena sudah terbukti lima tahun lebih kerja sama dan mereka sudah percaya lulusan kami,” Rektor Universitas Ma Chung, Prof. Murpin Josua Sembiring, S.E., M.Si.

Kerja sama dengan Shizuoka University tersebut menghasilkan beberapa pengembangan baik dalam bidang akademik maupun riset. Termasuk juga pertukaran personel akademik dan administratif, pertukaran mahasiswa tanpa biaya program dan akomodasi, serta pertukaran informasi dan pengetahuan akademik.

“Bahkan Presiden Shizuoka University memberikan tawaran kalau ada mahasiswa kami yang ingin lanjut studi S2 di sana mereka sangat welcome, karena Universitas Ma Chung sendiri kuat di bidang elektro dan di Jepang keahlian ini banyak dibutuhkan, dikasih gratis semua dari sana,” papar Prof. Murpin.

Lebih lanjut, penelitian tentang energi terbarukan bahan bakar jet dari alga berawal dari salah satu alumni terbaik Kimia Universitas Ma Chung yang memiliki kemampuan riset yang bagus. Kemudian mendapat rekomendasi beasiswa S2 di Shizuoka University. Selama di sana alumnus tersebut dibimbing langsung oleh Prof. Koichiro Awai, ahli lemak dan energi.

Selanjutnya alumni Universitas Ma Chung tersebut diarahkan untuk melakukan riset dan menemukan energi terbarukan baru pada mesin jet. Riset tersebut sudah berlangsung lebih dari dua bulan di laboratorium canggih di Jepang.

“Saat penandatanganan MoU itu saya juga berkunjung ke laboratoriumnya itu, sangat canggih dan mahal serta peralatan super canggih,” tandasnya.

Sebelumnya pihak Shizuoka University telah berkunjung ke Universitas Ma Chung dan melihat tenaga penelitinya bagus begitupun dengan alat-alat penelitiannya. Barulah kampus ini diundang khusus untuk tandatangan MoU langsung dengan presiden (rektor), kerja sama tersebut dinulai bukan hal MoU biasa sebab Shizuoka University merupakan kampus besar di Jepang. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : slatem
Penulis : lin
Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU