Sasar Mahasiswa, BPS Kota Malang Targetkan SPO di atas Rata-Rata Nasional

  • 09-12-2019 / 17:28 WIB
  • Kategori:Kampus
Sasar Mahasiswa, BPS Kota Malang Targetkan SPO di atas Rata-Rata Nasional SP2020 Goes to Campus mengajak mahasiswa Polinema mensukseskan sensus penduduk tahun 2020/caption

Malangpostonline.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menyasar tujuh perguruan tinggi dalam upaya menyosialisasikan sensus penduduk tahun 2020. Sosialisasi terkahir berlangsung di Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang diikuti oleh 200 mahasiswa perwakilan masing-masing kelas, Senin (9/12).

Mahasiswa sebagai agen pelopor untuk menyukseskan sensus penduduk khususnya Sensus Mandiri secara online pada 15 Februari - 31 Maret 2020 mendatang. Tak hanya itu, peserta sosialisasi nantinya diharapkan bisa mengimbaskan ke teman-teman, keluarga muapun lingkungan sekitarnya.

"Sebelumnya kami juga telah melakukan sosialisasi melalui kegiatan SP2020 Goes to Campus di tujuh PTN dan PTS seperti UB, UM, UNISMA, UMM, UIN Maulana Malik Ibrahim, dan Unmer," ujar Kepala BPS Kota Malang, Drs. Sunaryo, M.Si.

Lebih lanjut, sensus mandiri atau Sensus Penduduk Online (SPO) ini diharapkan mampu mencapai target di atas rata-rata kota lainnya secara nasional agar dapat meringankan beban Sensus Penduduk Wawancara (SPW) pada Juli 2020 mendatang.

Khususnya bagi masyarakat yang memiliki kesibukan cukup padat sebaiknya melakukan SPO sesuai waktu yang telah ditetapkan. Warga yang tidak melengkapi Daftar Penduduk (DP) sebelum bulan Juli akan didatangi petugas sensus untuk dilakukan wawancara.

"Targetnya bukan secara kuantitas tetapi berusaha maskimal dengan menyasar mahasiswa juga bantuan media, karena bulan Juni waktu libur bagi mahasiswa sehingga mereka perlu didorong oleh pihak civitas akademika yang lain untuk mengisi sensus secara online," terangnya.

Mahasiswa yang berasal dari luar kota juga wajib mengisi Malang untuk tempat tinggalnya sehingga ada rekam jejak yang jelas agar untuk kelengkapan DP.

Sementara itu, Wakil Direktur 3 Polinema, Dr. Eng. Anggit Murdani, ST. M.Eng, menyambut baik kehadiran BPS Kota Malang. Pihaknya berharap mahasiswa Polinema bisa menjadi agen pelopor suksesnya sensus penduduk 2020.

"Peserta sosialisasi ini diminta untuk menyalurkan ke mahasiswa lainnya dan menyebarkan informasi yang didapat termasuk ke keluarganya," tutup Anggit. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU