Institut ASIA Sinkronkan Kurikulum Dengan Perusahaan IT

  • 06-01-2020 / 19:23 WIB
  • Kategori:Kampus
Institut ASIA Sinkronkan Kurikulum Dengan Perusahaan IT AKRAB: Rektor Institut Asia, Risa Santoso, BA., MA., Ed, (tengah) bersama tim manajemen Alterra Academy .

Malangpostonline.com - Institut ASIA Malang melakukan MoU dengan Alterra Academy. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani pada Jumat (3/1) lalu di Ruang Theater Kampus Pusat Institut Asia Malang. Isi kesepakatan kerja sama tersebut tentang program peningkatan kualitas dosen di lingkungan Institut Asia, khususnya di bidang teknologi startup.

Peresmian kerja sama tersebut dihadiri Rektor dan para Wakil Rektor Institut ASIA Malang. Alterra Academy sendiri merupakan inkubator untuk individu yang tertarik bekerja di industri TI, tanpa memandang latar belakang pendidikannya. Selama tiga bulan, ATA akan memberikan pelatihan intensif, mulai dari pembuatan situs hingga UI/UX design.

Wakil Rektor IV Institut ASIA Malang, Ir. Teguh Widodo, MM mengatakan kerja sama Institut ASIA dengan industri yang kali ini dibangun dengan pihak Alterra Academy bertujuan untuk memperkecil gap antara kurikulum Institut Asia dengan dunia industri. “Tentunya sebagai upaya untuk menyelaraskan kurikulum kami, salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan Alterra Academy,” ucapnya.

Untuk menunjang visi tersebut, Alterra academy memiliki program gerakan Sejuta Programmer untuk menumbuhkan lebih banyak programmer di Indonesia. Dalam hal ini dosen di lingkungan Institut Asia akan mengikuti seleksi untuk gerakan tersebut. Dengan harapan para dosen dapat menyampaikan materi kepada mahasiswa dengan kurikulum yang sama.“Kami memiliki program sejuta programmer. Selama ini Alterra group ini bergerak di dunia agregrator pembayaran online. Untuk mencari profesional itu sangat mahal, maka dari itu kami buatlah akademi ini pada 2018,” kata Lead of Alterra Academy, Iswanul Umam.

Ia melanjutkan, lewat kerja sama tersebut Alterra Academy akan memberi bekal sistem IT berbasis website kepada dosen Institut Asia. Materi yang diberikan di antaranya FrontEnd Stack serta BackEnd Stack. “Biasanya ilmu-ilmu ini kami sampaikan dalam akademi. Nah harapannya, dosen bisa memberikan materi ini (kepada mahasiswa),” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Institut Asia, Risa Santoso,BA., MA., Ed, mengatakan, kerja sama dengan Alterra Academy dijalin untuk menyinergikan keilmuwan teknologi dan bisnis yang ada di Institut Asia. Saat ini ada lima prodi S1 di antaranya, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Komputer, dan Desain Komunikasi Visual. Sementara 1 prodi S2 adalah Manajemen.

“Ada sekitar 75 dosen dari prodi itu. Harapannya mereka semua menguasai basic skills IT dari perusahaan yang kompeten di bidangnya. Baru nanti diimplementasikan ke mahasiswa. Terutama mahasiswa akhir yang siap ke dunia kerja,” ujar lulusan Harvard University Graduate School of Education ini. (imm/udi)

Editor : udi
Uploader : rois
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU