Bupati Malang Bakal Berangkatkan KKN Tematik Unisma

  • 27-01-2020 / 16:31 WIB
  • Kategori:Kampus
Bupati Malang Bakal Berangkatkan KKN Tematik Unisma Ketua LPPM Unisma, Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si., M.Kes,

Malangpostonline.com - Tidak lama lagi sebanyak 884 mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) akan melaksanakan tugas KKN-PPM Semenster Gasal 2019-2020. Mereka akan berangkat tanggal 1 Februari 2020 mendatang ke lokasi KKN di empat kecamatan. Yaitu Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit dan Wajak.

Peserta KKN rencananya akan diberangkatkan oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M.  Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisma, Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si., M.Kes, siang kemarin. “Insyaallah pak Bupati yang akan memberangkatkan, karena beliau juga termasuk tokoh NU,” katanya kepada Malang Post.  

Athiroh mengatakan, persiapan untuk KKN-PPM saat ini sudah mencapai 80 persen. Kegiatan sosialisai dan pembekalan juga sudah dilakukan untuk lebih mematangkan kesiapan mahasiswa. “karena KKN tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KKN Unisma kali ini berkonsep tematik berbasis outcame,” terangnya.

Dikatakannya, bahwa KKN Tematik merupakan ide murni Rektor Unisma yang dalam proses persiapan dan pematangannya langsung terlibat. “Beliau ingin Unisma terus mekakukan perubahan perubahan yang kreatif inovatif demi peningkatan mutu. Salah satunya adalah program KKN tematik,” imbuhnya.

Athiroh menjelaskan KKN tematik merupakan sebuah program KKN yang memfokuskan mahasiswa terhadap satu bidang untuk mengungkap potensi yang ada sekaligus mengembangkannya bersama masyarakat. Dalam hal ini LPPM telah menawarkan sembilan tema besar, untuk dipilih oleh mahasiwa sesuai bidang dan minatnya. “Setelah tema dipilih selanjutnya kami menentukan dosen pendamping lapangannya dengan kriteria dosen yang kompeten sesuai tema,” kata dia.

Tanggal 23 Januari lalu LPPM telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan persamaan presepsi tentang pedoman KKN tematik. Dihadiri para pimpinan Unisma, mulai rektor, wakil rektor, ketua LPPM, yayasan, dekan dan wakil dekan bidang akademik, kaprodi dan para dosen pendamping lapangan (DPL).

Di hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan pembekalan KKN-PPM yang diikuti seluruh mahasiswa peserta KKN. Bekal materi KKN Tematik disampaikan langsung oleh Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Unisma, Prof. Dr. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D, Wakil Rektor IV, Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P., dan Ketua LPPM Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si., M. Kes.     

Kegiatan yang digelar di gedung Abdurahman Wahid Lantai 7 Pasca Sarjana Unisma tersebut juga menghadirkan Direktur Malang Post, Dewi Yuhana. Dalam kesempatan tersebut Dewi Yuhana sebagai pemateri pembekalan ilmu jurnalistik kepada para mahasiswa KKN.

Athiroh menjelaskan, bahwa kegiatan KKN yang berbasis outcame memberikan beberikan beberapa tugas kepada mahasiswa. Diantaranya tugas membuat laporan, membuat artikel ilmiah dan juga mempublikasikan kegiatan mereka melalui media massa. “Sehingga bekal jurnalistik itu penting untuk diberikan pada mahasiswa untuk menunjang tugas-tugas tersebut. Dan kemarin (23/1), Ibu Dewi Yuhana menjelaskannnya dengan rinci dan berlansung sangat seru,” tuturnya. 

Adapun hari Jumat (24/1) kemarin, sebagai bagian dari persiapan KKN Tematik, para dosen DPL melakukan pembekalan langsung kepada mahasiswa di masing-masing kelompok. Dilanjutkan dengan menyusun progran kerja sesuai tema yang telah ditentukan. “Setelah itu DPL dan mahasiswa langsung melakukan survei ke lokasi KKN,” tambahnya. (imm/)

Editor : imm
Uploader : rois
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU