Mahasiswa AKAFARMA PIM Mulai PKL di Dunia Industri dan BPOM

  • 15-02-2020 / 12:12 WIB
  • Kategori:Kampus
Mahasiswa AKAFARMA PIM Mulai PKL di Dunia Industri dan BPOM PKL: Mahasiswa AKAFARMA PIM mengikuti PKL untuk mengimplementasikan ilmu di lapangan.

Malangpostonline.com - Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian penting dari pendidikan vokasi. PKL bertujuan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri dan menambah pengalaman sebelum terjun ke industri yang sesungguhnya. Selain itu, PKL penting bagi mahasiswa agar mereka  dapat mengimplementasikan ilmu dan ketrampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sudah didapat selama kuliah.

Saat ini, mahasiswa Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang (PIM) melaksanakan PKL. Praktik lapangan itu akan dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6 selama maksimal tiga bulan  mulai awal Februari hingga Mei 2020. Mahasiswa harus mengikuti PKL industri di Jawa Timur dan Badan pengawasan Obat dan makanan (BPOM) di Semarang dan Surabaya.

“Kegiatan PKL ini fokus sesuai dengan kompetensi mahasiswa pada industri farmasi dan industri makanan,” jelas Direktur AKAFARMA PIM, Dr. Misgiati, M.Pd. Wanita yang juga merupakan pengurus PAFI Pusat menggandeng industri besar lokal dan regional, mulai PT. Sasa Inti, PT, Vitapharm, PT Novaparin, PT. Sucofindo, PT Kosme, PT. Kimia Farma Plant Watudakon, PT. Balatif, PT. Sejahtera Lestari Farma (SLF).

Selain PKL di industri, mahasiswa harus PKL di BPOM. “Kami menggandeng dua BPOM untuk ditempati PKL mahasiswa AKAFARMA, yakni BPOM Surabaya dan BPOM Semarang," tambahnya. Lebih lanjut Direktur AKAFARMA  PIM yang akrab disapa Misgiati ini menjelaskan bahwa mahasiswa wajib PKL di industri dan BPOM secara bergantian, dengan interval waktu satu bulan di BPOM dan dua bulan di industri.

“Kegiatan PKL ini masuk dalam struktur kurikulum, jadi setiap mahasiswa harus melampaui tahap ini.” ungkapnya. Lebih lanjut Misgiati menjelaskan bahwa PKL ini merupakan kegiatan link and match intitusi AKAFARMA PIM dengan industri, serta masukan institusi dari industri terkait dengan kurikulum. Lebih penting lagi, kegiatan PKL ini merupakan jalan membuka kerjasama dengan industri untuk penyaluran lulusan. “Jadi saat lulus nanti, mahasiswa dapat langsung bersaing dan terjun ke dunia industri farmasi dan makanan,” tegasnya. (mar)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : mar
Uploader : rois
Penulis : marga
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU