Prodi IP FISIP UMM Perkuat Kerjasama Internasional

  • 19-02-2020 / 19:40 WIB
  • Kategori:Kampus
Prodi IP FISIP UMM Perkuat Kerjasama Internasional SINERGI: Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M.Si. (tiga dari kanan) foto bersama Assoc. Prof. Dr. Pennee Narot dan Kaprodi IP FISIP UMM, M. Kamil, MA (tiga dari kiri) dalam kegiatan kuliah tamu, Rabu (19/2) kemarin

Malangpostonline.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang memperkuat kerjasama dengan College Local Administration (COLA), Khon Kaen University (KKU) Thailand. Menurut perjanjian kedua belah pihak, kerjasama yang terjalin sejak tahun 2016 tersebut akan berakhir Bulan Maret 2020 mendatang.  

Maka dari itu, Rabu (19/2) kemarin, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan COLA KKU Thailand melakukan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA) untuk memperpanjang kerjasama yang terjalin selama ini. Dalam implementasinya, salah satu Prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM, yakni Prodi Ilmu Pemerintahan menindaklanjuti beberapa poin yang dibangun oleh Fakultas yaitu exchange of faculty members, exchange of student, joint research activities, participation in seminar and academic meetings, exchange of academic material and other information dan  special short-term academic program. “Pertemuan kami dengan COLA Khon Kaen University Thailand kali ini untuk memperkuat dan melanjutkan hubungan kerjasama kami yang telah terjalin selama ini,” ucap Kaprodi IP FISIP UMM, M. Kamil, MA, kepada Malangpostonline.com.

Dalam kesempatan itu, juga digelar kegiatan Kuliah Tamu yang diikuti  sebanyak 500 mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Malang. Sebagai pemateri yaitu Assoc. Prof. Dr. Pennee Narot dari Khon Kaen University, Thailand. Dalam acara digelar di Aula GKB IV Lantai 9 tersebut, para mahasiswa diajak melakukan inovasi untuk memperkuat layanan publik di era revolusi industri 4.0.

Dalam kesempatan tersebut, Pennee Narot menyampaikan bahwa E-government harus ditingkatkan sebagai bentuk dari upaya peningkatan pelayanan publik.  Menurutnya, ada tiga hal peting untuk menuju keberhasilan e-government. Antara lain, internet connectivity, kemampuan untuk mengklasivikasikan problem digital serta sarana dan wadah literasi digital. “Poin-poin ini harus saling mendukung untuk meningkatkan pelayanan publik,” katanya.  

Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan, Achmad Apriyanto, M.Si mengungkapkan, kuliah tamu tersebut diadakan untuk pengembangan akademik mahasiswa. "Kami memberikan pengetahuan baru kepada beberapa mahasiwa," ujarnya.

Achmad menuturkan, kerjasama UMM dengan pihak College Local Administration (COLA), Khon Kaen University (KKU) sudah terjalin sejak tahun 2016 lalu. Prodi Ilmu Pemerintahan termasuk yang menginisiasi terjalinnya kerjasama tersebut.

Sebagai bentuk aktuliasasi program student exchange, setiap tahun Prodi IP UMM mengirim mahasiswa ke College Local Administration, Khon Kaen University (KKU) Thailand demikian juga sebaliknya. “Nah ini sudah masuk tahun kedua untuk program pertukaran palajar ini dengan sistem transfer kredit,” ungkapnya.

Achmad  melanjutkan, untuk meningkatkan kualitas kerjasama dilakukan supervisi dari kedua pihak yang masing-masing saling mengunjungi dalam wadah kerjasama kelembagaan. Termasuk salah satunya, kegiatan kuliah tamu yang digelar kemarin.

Kuliah tamu Prodi Ilmu Pemerintahan juga dihadiri oleh Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M.Si. dalam kesempatan tersebut Rinikso Kartono berharap, program kuliah tamu dapat membangun mindset mahasiswa untuk memberi kritik terhadap pemerintah. "Utamanya, di bidang pelayanan publik," tandas dia.(imm/)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor :
Uploader : 0
Penulis : Imam W.
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU