Wujud Pengabdian, IKIP Budi Utomo Malang Bagikan Paket Lengkap Cegah Covid-19

  • 31-03-2020 / 22:49 WIB
  • Kategori:Kampus
Wujud Pengabdian, IKIP Budi Utomo Malang Bagikan Paket Lengkap Cegah Covid-19

Malangpostonline.com – Tak mau berpangku tangan atau sekedar hanya memberi imbauan dalam pencegahan Covid-19 (virus corona), IKIP Budi Utomo Malang ikut berperan aktif dalam aksi nyata. Khususnya dalam proses pencegahan langsung terhadap ancaman Covid-19 di Kota Malang.

Seperti yang dilakukan IKIP Budi Utomo Malang melalui Tim Satgas Tanggap Covid-19, membagikan paket lengkap pencegahan Covid-19 di RW 09 Kelurahan Sawojajar Kota Malang, Selasa (31/3).  Tercatat ada 14 RT di RW 09 ini yang rencana mendapatkan paket tersebut.

Paket terdiri dari hand sanitizer, sarung tangan dan penyemprotan desinfektan bagi masyarakat.  Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pencegahan langsung akan ancaman Covid-19 dan merupakan wujud kepedulian dan pengabdian dosen dan mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Kebetulan paket lengkap cegah Covid 19 ini merupakan hasil produksi dosen dan mahasiswa yang sudah teruji di Laboratorium IKIP Budi Utomo Malang.

 

“Dari awal mewabahnya Covid-19 ini, IKIP Budi Utomo Malang langsung mengambil inisiatif dengan membentuk Satgas Tanggap Covid-19. Ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus pengabdian dosen dan mahasiswa IKIP Budi Utomo di masyarakat,” ungkap Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si.

“Kita tahu saat ini bahwa alat-alat proteksi covid-19 ini menjadi sangat langka di masyarakat, padahal masyarakat sangat membutuhkan. Karenanya kami mengambil langkah cepat dengan menggratiskan alat-alat proteksi ini. Kami mendorong civitas akademika, dosen dan mahasiswa khususnya pada Program Studi Biologi untuk membuat dan memproduksi bahan-bahan yang dapat mencegah virus ganas ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nurcholis Sunuyeko mengaku bersyukur memiliki laboratorium yang cukup baik dan lengkap, sehingga bisa dengan cepat memproduksi hand sanitizer, sarung tangan dan penyemprotan desinfektan. “Tentu kami juga bekerjasama dengan dengan pihak-pihak terkait dalam mewujudkan semua ini,” yakin Rektor yang akrab disapa Nurcholis ini.

Sementara itu, Kepala Satgas Covid-19 IKIP Budi Utomo, Riyanto, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan membagikan paket lengkap cegah corona ini bukanlah yang pertama dilakukan. Sebelumnya, sudah dilakukan penyisiaran kawasan rawan penyebaran dengan memberikan hand sanizer

“Kami atas petunjuk rektor melakukan kegiatan semacam ini pada titik-titik rawan di Kota Malang. Kami dengan tim menyisir kawasan-kawasan rawan penyebaran dengan memberikan hand sanizer, sarung tangan dan penyemprotan gratis,” terang Riyanto.

“Kami juga bekerjasama dengan pihak lain untuk mendukung kegiatan ini. Kami berharap bahwa Covid-19 ini segera teratasi dengan cepat, dan kami mengajak kepada semua lembaga, ormas untuk bergandengan tangan melakukan pengabdian semacam ini,” lanjutnya.

Warga yang menerima paket lengkap pencegahan Covid-19 pun menyampaikan terimakasih lantaran mereka merasakan manfaatnya. Setidaknya dari hand sanitizer, sarung tangan dan penyemprotan desinfektan yang diterima, warga menjadi lebih tenang hadapi wabah corona. 

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Rektor dan segenap civitas akademika IKIP Budi Utomo Malang. Ini benar-benar dapat kami rasakan. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat kami menjadi lebih tenang,” ungkap Ketua RW 09 Kelurahan Sawojajar, Bapak Agus Sukamto.

“Karena selama ini, masyarakat telalu banyak mengonsumsi berita-berita yang terkadang cenderung hoax. Jadi secara psikologis ini membuat warga kami menjadi lebih tenang. Kami berharap, bahwa langkah IKIP Budi Utomo Malang ini dapat menjadi contoh bagi Perguruan Tinggi lainnya. Di Malang ini kita memiliki banyak Perguruan Tinggi, tapi tidak banyak yang benar-benar dapat melakukan pengabdian dan kepedulian seperti ini,” pungkasnya. (*/bua/malangpostonline)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : Buari
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU