Hari Ini Pengumuman SNMPTN, Data Bisa Diakses Pukul 13.00 WIB

  • 08-04-2020 / 05:20 WIB
  • Kategori:Kampus
Hari Ini Pengumuman SNMPTN, Data Bisa Diakses Pukul 13.00 WIB ilustrasi.

Malangpostonline.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, Rabu (8/4) hari ini.  Peserta bisa mengetahui pengumuman SNMPTN dengan mengakses situs snmptn.ac.id.

"Data bisa diakses besok setelah pukul 13.00 WIB," ujar Koordinator Humas LTMPT Anwar.  Ia menjelaskan pengumuman resmi akan disampaikan pada pukul 09.00 WIB. Namun data bisa diakses di situs resmi SNMPTN pada pukul 13.00 WIB. Nantinya siswa dan wali siswa harus login dan mengisi data pribadi untuk mengakses data hasil SNMPTN.

Jadwal pengumuman hasil SNMPTN sempat diundur. Mulanya pengumuman disampaikan pada Sabtu (4/4) lalu. Kemudian diundur menjadi Rabu (8/4) guna mengakomodir peserta SNPMTN dari para penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang baru dikeluarkan pemerintah pusat.

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Acuan seleksi yang digunakan adalah nilai rapor dari semester satu sampai semester lima bagi SMA/MK/MA atau semester satu sampai tujuh bagi SMK.

Kuota siswa dari setiap sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN bervariasi. Bagi sekolah berakreditasi A, kuota yang ditentukan 40 persen, akreditasi B sebanyak 25 persen dan akreditasi C sebanyak 5 persen.

Sedangkan bagi siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN atau tidak lolos, bisa melanjutkan ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Dari informasi yang diolah Malang Post, begini cara mengakses pengumuman

SNMPTN 2020. Yakni cek pengumuman resmi SNMPTN melalui tautan resmi LTMPT di http://pengumuman.snmptn.ac.id. Jika kesulitan akses, dapat melihat melalui laman miror pengumuman di masing-masing perguruan tinggi peserta SNMPTN.

Bila mengakses situs resmi pengumuman hasil SNMPTN 2020 maka, masukan nomor pendaftaran LTMPT atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).  Lalu klik tombol "Lihat Hasil". Bila lulus maka melakukan daftar ulang. Pastikan sesuai jadwal daftar ulang atau daftar diri di PTN tujuan agar tidak ketinggalan jadwal.

Selain itu siapkan berkas dokumen yang dibutuhkan. Biasanya, berkas dokumen yang dibutuhkan meliputi: Kartu Tanda Peserta SNMPTN Ijazah/Tanda Kelulusan Kartu Identitas yang masih berlaku (KTP/KK). Juga melengkapi administrasi ataupun proses tambahan yang diminta PTN tujuan. Peserta yang telah lulus SNMPTN tidak diizinkan mengikuti jalur SBMPTN. (cni/van)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU