Tertib dan Kompak, Manasik Haji MTsN 1 Malang

  • 21-08-2018 / 10:38 WIB
  • Kategori:Sekolah
Tertib dan Kompak, Manasik Haji MTsN 1 Malang Para ‘jamaah haji’ MTs Negeri 1 Kota Malang melakukan jumrah ula, wustho dan aqobah, sebagai rangkaian dari manasik haji ( FOTO : IMAM/MALANG POST )

MALANG - Kalimat talbiyah menggema di MTs Negeri 1 Malang. Akhir pekan lalu, seluruh siswa dan guru madrasah ini melaksanakan kegiatan manasik haji. Selama kegiatan berlangsung para ‘jamaah’ tampak khusu mengikuti seluruh rangkaian manasik mulai dari ihram sampai dengan tahallul. Halaman madrasah yang menjadi tempat kegiatan manasik terlihat penuh dengan jamaah yang memakai pakaian putih ihram.

Kepala MTs Negeri 1 Kota Malang Drs. Samsudin, M.Pd mengungkapkan, manasik haji menjadi agenda rutin madrasah setiap bulan dzulhijjah. Ada beberapa tujuan yang menurutnya sangat penting dari kegiatan ini.

Pertama, sebagai bentuk penguatan materi agama islam. Dalam hal ini pelajaran fikih yang menerangkan tentang tata cara ibadah haji. Manasik sebagai upaya penguatan pada siswa dari teori yang diajarkan oleh guru di kelas.

Kedua, sebagai motivasi agar siswa selalu semangat beribadah. Dengan harapan ada kesungguhan untuk melaksanakan haji yang sebenarnya. “Laksanakanlah manasik ini dengan serius, agar menjadi nilai ibadah. Semoga suatu saat nanti Allah mentakdirkan kita untuk melaksanakan haji yang sesungguhnya,” ucapnya saat memberikan arahan pada siswa.

 Samsudin mengatakan, manasik kali ini diikuti sekitar 1170 peserta. Biasanya lokasi kegiatan manasik yang digelar hingga sampai ke komplek Universitas Negeri Malang. Namun berkaca dari kegiatan tahun lalu, manasik terlaksana dengan baik meskipun cukup di komplek madrasah sendiri. “Kami kira di madrasah sudah cukup kondusif seperti tahun lalu,” ujarnya.

Seperti biasanya, pelaksanaan manasik haji dilengkapi dengan replika atau miniatur yang menyerupai tempat ibadah haji. Seperti adanya miniatur ka’bah, tugu tempat jumrah dilaksanakan dan sebagainya. 

Samsudin menjelaskan, secara konsep manasik tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Namun yang berbeda, tahun ini dilakukan penilaian oleh guru. Ada tiga poin yang dinilai. Yaitu kesungguhan ketertiban dan kekompakan.

Rupanya dengan adanya penilaian ini, membuat siswa semakin antusias. Terbukti dengan aneka atribut yang mereka pakai saat kegiatan. Ini menandakan kekompakan dan semangat siswa mengikuti manasik yang tidak terlihat di tahun-tahun sebelumnya. “Adanya penilaian ini tidak lain agar anak-anak semakin sungguh-sungguh. Bagi yang terbaik tentu ada penghargaan untuk mereka,” tuturnya.

Kegiatan manasik haji di MTs Negri 1 Kota Malang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Diawali dengan ihram sebagai salah satu dari rukun dari ibadah haji. Dilanjutkan dengan wukuf di bukit arafah, thawaf ifadah, sa’i dan tahallul.  

Di padang arafah, jamaah mendengarkan khotbah. Dalam hal ini, M. Solehuddin, S.Pd bertindak sebagai khotib. Dalam khotbahnya ia menyampaikan bahwa padang arafah sebagai miniatur padang mahsyar di Hari Kiamat.

Oleh karenanya, kepada jamaah Soleh menghimbau untuk selalu bertakwa kepada Allah, agar terlindungi dari dahsyatnya padang mahsyar. “Saat itu tidak ada perbedaan di kalangan ummat manusia. Baik harta, pangkat maupun jabatan. Hanya ketakwaan saja yang membedakan derajad hamba di sisi Allah,” terangnya. (mp1/sir/oci)    

Editor : oci
Uploader : dinda
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU