SMA Islam Malang, Jalan Sehat Tutup Perayaan HUT RI

  • 21-08-2018 / 10:44 WIB
  • Kategori:Sekolah
SMA Islam Malang, Jalan Sehat Tutup Perayaan HUT RI Siswa-siswi SMA Islam foto bersama di depan stan bazar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73. ( FOTO : IMAM/MALANG POST )

MALANG - Jalan sehat, bazar dan pentas seni menutup rangkaian perayaan HUT RI di SMA Islam. Akhir pekan lalu, pada pukul 07.00 WIB, peserta jalan sehat diberangkatkan dari gerbang sekolah di Jalan Kartini Kota Malang. Dengan dreescode merah putih, para peserta menempuh jarak lima kilometer dengan rute sepanjang jalan sekitar SMA Islam.

Gerakan jalan sehat oleh warga sekolah ini dimaknai sebagai semangat pemuda untuk melanjutkan dan mengisi kemerderkaan yang telah dicapai. Jalan sehat tidak dimaknai sempit dengan sekadar olahraga saja. Namun di kegiatan ini ada arti lebih luas yang berkaitan dengan persatuan, kekompakan dan kerjasama yang solid.

Seperti itulah yang dilakukan pahlawan saat berperang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Antara satu dengan yang lain harus saling membantu. Yang kuat membantu yang lemah. Sebab hidup tidak bisa sendiri, melainkan selalu membutuhkan peran serta orang lain.

Dalam jalan sehat, siswa juga dituntut untuk bersikap sopan tanpa mengganggu jalannya lalu lintas. Ketertiban umum tetap dijaga sebagai sikap yang mencerminkan akhlak mulia. Menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Semua itu mencirminkan sikap disiplin yang ditegakkan tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga di tempat umum.

Usai jalan sehat, peserta langsung menyerbu bazar yang menyediakan aneka kuliner. Bazar tersebut menjadi ajang praktek materi kewirausahaan. Proses jual beli, perhitungan untung dan rugi dipraktikkan siswa dalam kegiatan bazar. Jika mendapat laba, untungnya bisa dinikmati bersama. Demikian sebaliknya.

Ada belasan stan kuliner dalam bazar tersebut. Semuanya tampak dihias cantik. Ada yang berkonsep modern, juga ada yang tradisional. Semuanya bertema kemerdekaan, karena warna merah putih terlihat dominan di stan-stan tersebut.

Sementara siswa menikmati sajian kuliner di stan bazar, kegiatan pentas seni juga berlangsung di panggung utama. Pentas seni ditampilkan oleh para peserta lomba SMAI Got Talent yang memasuki sembilan besar. sebelumnya mereka telah melalui tahap seleksi dari puluhan peserta yang mendaftar.

Para penonton pun terlihat antusias dengan ikut bernyanyi dan berjingkrak di depan panggung. Di sela penampilan peserta, juga tampil grup band SMA Islam yang turut memeriahkan panggung hiburan.

Ajang lomba SMAI Got Talent akhirnya menjadi momentum bagi para guru untuk melihat dan mengasah potensi yang dimiliki siswa di bidang seni dan kreativitas. Selanjutnya tinggal dilakukan pembinaan agar potensi yang dimiliki dapat berkembang maksimal.

Kegiatan perayaan HUT kemerdekaan RI ke-73 di SMA Islam sebenarnya telah dimulai sejak 15 Agustus lalu. Dimeriahkan dengan aneka perlombaan. Ada lomba tarik tambang, balon meletus, lari karung, lomba membuat video kreatif dan rangking 1. Semuanya berjalan sukses dan meriah. Apalagi lomba tersebut tidak hanya untuk siswa, tapi juga diikuti oleh guru.

Melalui seluruh rangkaian acara 17 Agustus HUT RI tahun ini, guru SMA Islam pada dasarnya ingin menanamkan lebih dalam lagi sifat nasionalisme dalam diri siswa. Dengan demikian maka kecintaan mereka pada tanah air Indonesia menjadi semakin kuat. (mp1/red/oci)

Editor : oci
Uploader : dinda
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU