Gelar Manasik Haji, Diikuti Ribuan Anak TK

  • 27-08-2018 / 09:30 WIB
  • Kategori:Sekolah
Gelar Manasik Haji, Diikuti Ribuan Anak TK KHUSU’ : Siswa-siswi SDI Mohammad Hatta saat melaksanakan thawah sebagai rangkaian manasik haji

MALANG - Sedikitnya 1200 siswa TK memadati halaman SD Islam Mohammad Hatta, Sabtu, (25/8). Mereka mengikuti kegiatan manasik haji sebagai program tahunan SDI Mohammad Hatta yang berada di jalan Flamboyan Kecamatan Lowokwaru.

Kepala SDI Mohammad Hatta, Suyanto, S.Pd M.K.Pd mengatakan, manasik haji merupakan upaya penguatan materi pelajaran di kelas. Dengan melakukan praktek maka siswa akan semakin menguasai materi yang diajarkan guru.

“Sebab sekolah kami berbasis Islam. Maka materi keislaman harus benar-benar diperkuat,” ucapnya.

Tahun ini ada 18 TK yang ikut bergabung dalam kegiatan manasik. Jika ditambah dengan siswa SDI Mohammad Hatta, jumlah peserta manasik sekitar 1600 siswa termasuk para pendamping.

“Manasik haji ini merupakan rangkaian dari program Idul Adha. Biasanya kami laksanakan sebelum kegiatan kurban,” ujar Yanto.

Setiap pelaksanaan manasik haji, SDI mohammad hatta  selalu melibatkan beberapa TK di sekitar sekolah. hal ini dikatakan Yanto, karena pihaknya melihat banyak TK yang belum memiliki halaman yang luas. Sementara kegiatan manasik haji perlu tempat yang lapang. “Oleh karena itu kita undang mereka dan difasilitasi dengan tempat yang lebih representatif,” katanya.

Di sisi lain, yanto menilai beberapa TK juga aktif dalam kegiatan manasik haji. Dengan bergabung dengan SDI Mohammad Hatta diharapkan mampu meringankan beban biaya mereka.

“Karena manasik itu juga perlu biaya yang lumayan besar. Dengan fasilitas yang kami berikan, diharapkan mampu membantu pembiayaan menjadi bisa lebih efesien,” terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan manasik haji yang dimulai pukul 07.00 WIB ini berlangsung dengan khidmat. Suasana manasik dibuat sedemikian rupa sehingga hampir menyerupai haji yang sebenarnya. Dilengkapi juga replika ka’bah tempat thowaf dilaksanakan, tugu jumrah, musdalifah dan lokasi sa’i. 

Para peserta juga dibuat per kloter dengan KBIH sesuai dengan nama TK masing-masing. Hal ini agar pelaksanaan menjadi lebih kondusif dan sistematis. Ia menambahkan, hadirnya siswa TK di SDI Mohammad Hatta juga sebagai ajang pengenalan sekolah.

“Sehingga kalau nanti mau melanjutkan di sekolah ini, akan kita fasilitasi dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Dua hari sebelumnya, Kamis (23/8), SDI mohammad hatta juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Sebanyak tiga ekor sapi dan 15 kambing yang disembelih. Daging kurban disalurkan ke beberapa sekolah, masyarakat sekitar, termasuk lembaga yang mengajukan bantuan.  “Kami berharap melalui kegiatan kurban ini ada satu bentuk kebersamaan. Kemudian terbentuknya karakter siswa dengan rela berkorban dan peduli terhadap sesama,” pungkasnya. (mp1/sir/oci)

Editor : oci
Uploader : dinda
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU