Buka Kelas Loreal, SMKN 3 Siapkan Tenaga Terampil Kecantikan Rambut

  • 30-08-2018 / 09:48 WIB
  • Kategori:Sekolah
Buka Kelas Loreal, SMKN 3 Siapkan Tenaga Terampil Kecantikan Rambut PARTNERSHIP: Siswa SMKN 3 Malang mengikuti kelas Loreal bersama tim ahli dari industry. Foto Linda/Malang Post

MALANG – Jurusan Tata Kecantikan Rambut dan Kulit SMKN 3 Malang membuka kelas industri Loreal, tahun ini. Sebelumnya, baik sekolah maupun industri telah melakukan sinkronisasi kurikulum yang diselaraskan serta diimplementasikan. Kelas ini merupakan realisasi dari L'Oréal Professionell (LP) sebagai bentuk realisasi dari program Hairducation dalam rangka mendukung revitalisasi SMK di bidang kecantikan rambut.

Kepala SMKN 3 Malang, Dra. Faizah, M.Pd, mengungkapkan, sebelumnya sekolah telah melaksanakan penyelarasan kurikulum dengan industri. Isi mata pelajaran yang diselaraskan di antaranya adalah pewarnaan rambut, pelurusan rambut, pengeritingan rambut, penataan rambut serta perawatan rambut.

“Modul edukasi LP akan dimasukkan ke dalam modul pembelajaran di sekolah mulai pada tahun ajaran baru tepatnya dimulai pada Agustus ini,” ungkap Faiz, sapaan akrabnya.

Selain itu, guru kecantikan rambut juga telah mengikuti pelatihan intensif selama satu bulan di Loreal Academy Jakarta dengan proporsi isi pembelajaran yaitu 70% praktek dan 30% teori. Bahkan nantinya para guru ini akan mendapatkan pelatihan setiap 3 bulan sekali agar mereka dapat terus mengembangkan kompetensi serta semakin percaya diri dalam membawakan modul edukasi dari Loreal. Nantinya siswa dalam kelas industri ini juga berkesempatan magang kerja di perusahaan tersebut sesuai daerah masing-masing.

Kelas industri Loreal dilaksanakan selama 5 hari setiap bulan dan akan diajarkan oleh guru kecantikan rambut. Selama setahun ke depan, edukator Loreal di setiap kota akan melakukan pendampingan yang bertujuan untuk membantu para guru agar dapat menyampaikan materi-materi dengan baik.

“Bahkan rencananya setiap dua bulan sekali pihak Loreal akan mengundang ambassadornya untuk memberikan kelas inspiratif  bagi siswa jurusan Tata Kecantikan Rambut dan Kulist di SMKN 3 Malang,” terangnya.

Dari banyaknya SMK kelas Loreal, hanya dibuka di 9 sekolah salah satunya SMKN 3 Malang. Selain itu, program kerjasama antara LP dengan Direktorat Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta sekolah yang dituju juga untuk menyediakan tenaga kerja bagi industri tata rambut di Indonesia.

“Adanya kelas industri loreal ini diharapkan mampu memberikan skill sesuai dengan kebutuhan industri, semakin banyak memberikan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di SMKN 3 Malang,” tutup Faiz. (lin/oci)

Editor : oci
Uploader : dinda
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU