PAUD Islam Anak Negeri Karangploso, Kali Kedua Sukses Gelar Manasik Haji

  • 04-09-2018 / 08:45 WIB
  • Kategori:Sekolah
PAUD Islam Anak Negeri Karangploso, Kali Kedua Sukses Gelar Manasik Haji Siswa-siswi PAUD Islam Anak Negeri Karangploso didampingi para guru mempraktekkan salat ied di depan ka’bah. Sebelumnya mereka juga melaksanakan kegiatan manasik haji dengan tertib. (IMAM/MALANG POST)

MALANG - Siswa-siswi PAUD Islam Anak Negeri Karangploso tampak bersemangat melaksanakan ibadah thawah. Pemandangan ini terlihat saat mereka mengikuti kegiatan manasik haji, Minggu (2/9) lalu. Bertempat di Komplek Masjid Perumahan Karangploso View, haji cilik ini belajar tata cara ibadah haji.

Para guru dengan telaten membimbing setiap siswa dalam melaksanakan alur manasik. Mulai dari ihram, wukuf, jumrah hingga sai antara bukit safa dan marwa. Orang tua yang mengantar putra-putri mereka, juga terlihat menyaksikan jalannya manasik haji dengan penuh antusias.

Kepala PAUD Islam Anak Negeri, Darul Choiriyah, S. Pd mengatakan, manasik haji kali ini merupakan kali kedua dilaksanakan. Program rutin setiap Bulan Dzulhijjah ini juga melibatkan santri TPQ yang ada di sekitar sekolah.

Sebelum melaksanakan kegiatan manasik, para siswa terlebih dahulu dibekali materi secara teori. Persiapan ini dilaksanakan selama dua minggu.

"Pada minggu kedua ada semacam gladi untuk manasik ini. Agar pada saat hari pelaksanaan, kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar," ucapnya.

Kegaiatan manasik haji, lanjut Darul, merupakan bagian dari program bina iman. Terbingkai dalam materi nilai agama dan moral. "Dari nilai ini kami breakdown salah satunya menjadi kegiatan manasik haji. Selain juga ada tata cara salat, doa sehari-hari dan sebagainya," terangnya.

Menurutnya, manasik merupakan sebuah upaya untuk membangun mimpi anak didiknya. Oleh karena itu, sejak dini pihaknya telah menanamkan nilai-nilai dasar keislaman sebagai bekal siswa di masa yang akan datang.

"Harapan kami anak-anak mampu menggapai mimpi itu menjadi sebuah kenyataan dimana mereka dapat melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya," tuturnya.

Penilik PAUD Kecamatan Karangploso Dra. Ria Haruseptiowati, M.Pd yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan manasik haji yang digelar oleh PAUD Islam Anak Negeri. “Kegiatan ini sangat luar biasa, karena merupakan pengenalan Rukun Islam yang harus diketahui oleh anak-anak Muslim,” ucapnya.

Untuk para guru Ria berpesan, agar terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme. Dengan cara mengikuti perkembangan teknologi. “Sebab kita bertanggungjawab terhadap pendidikan generasi bangsa. Sementara ilmu pengetahuan terus berkembang sangat pesat, maka kita jangan sampai ketinggalan,” tukasnya.  (mp1/sir/oci)

Editor : oci
Uploader : angga
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU