Miliki Keunggulan, Raih Muhammadiyah Excellent School

  • 06-09-2018 / 02:58 WIB
  • Kategori:Sekolah
Miliki Keunggulan, Raih Muhammadiyah Excellent School MEMBANGGAKAN: Kepala SMK Muhammadiyah 1 Drs. Arif Efendi dan Waka Humas Kusdarmadi S.Pd menunjukkan sertifikat Muhammadiyah Excellent School dari Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah  Jawa Timur. (IMAM/MALANG POST)

MALANG - SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang mendapat predikat Muhammadiyah Excellent School untuk kategori Sekolah Muhammadiyah Unggul se Provinsi Jawa Timur. Predikat tersebut disematkan oleh Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah  Jawa Timur dalam rangka program Muhammadiyah Future School 2018. Sertifikat penghargaan diberikan pada pertengahan bulan lalu, di Dome Universitas Muhammadiyah Malang.

Ungkapan syukur disampaikan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Drs. Arif Efendi, saat ditemui Malang Post beberapa waktu yang lalu.

"Alhamdulillah, predikat Muhammadiyah Excellent School kami peroleh. Hal ini membuktikan bahwa sekolah kami merupakan sekolah yang memiliki banyak keunggulan. Tidak seperti yang disangka oleh sebagian pihak," katanya.

Sertifikat Muhammadiyah Excellent School ditandatangani oleh Dra. Arbaiyah Yusuf, MA selaku Ketua Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jawa Timur. Lembaga yang layak menerima predikat sekolah atau madrasah Muhammadiyah unggul ditetapkan beberapa kriteria.

Ada sepuluh aspek penilaian yang dilakukan oleh pihak asesor dari Dikdasmen PWM Jatim. Diantaranya clear vision, core value, clean, green, hygienic, beautiful, safe environmen, inspiring learning community, community trust, student friendly school, international orientation, financial well management, holistic education based school and islamic culture and quality oriented. "Semua kriteria tersebut dinilai. Selain administrasi, asesor melakukan visitasi untuk mengetahui secara konkrit kondisi sekolah kami," ujar Arif.

Dalam Muhammadiyah Future School 2018, ada tiga kategori sekolah atau madrasah unggul. Yaitu muhammadiyah inspiring school, muhammadiyah excellent school dan muhammadiyah outstanding school. "Kami bersyukur bisa memperoleh predikat di kategori excellent school," ucapnya.

Arif menambahkan, status sekolah unggul berlaku hingga empat tahun. Selanjutnya akan dilakukan visitasi kembali oleh asesor untuk menilai dan meninjau sejauh mana perkembangan sekolah, atau malah mengalami kemunduruan. "Akhirnya ini menjadi motivasi bagi kami, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini supaya lebih baik," imbuhnya.

Visitasi untuk program Muhammadiyah Future School sendiri dilaksanakan pada 9 sampai 21 Juli lalu. Hasilnya dilaporkan pada tanggal 22 sampai 28 Juli 2018. Kemudian, hasil seleksi diumumkan pada 8 Agustus di Dome UMM, dalam acara ME-Awards 2018.

Dalam kualifikasi ini, tercatat ada 112 sekolah muhammadiyah dari berbagai kota di Jawa Timur yang mengikuti Muhammadiyah Future School 2018. Seluruhnya merupakan sekolah-sekolah yang telah terakreditasi BAN-S/M. Sebab ini merupakan salah satu syarat menjadi peserta Muhammadiyah Future school. (mp1/sir/)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU