SD Insan Amanah Wakili Kota Malang Dalam Inotek Nasional di Medan

  • 29-08-2019 / 15:30 WIB
  • Kategori:Sekolah
SD Insan Amanah Wakili Kota Malang Dalam Inotek Nasional di Medan BANGGA: Imam Fahrudin, S.Pd (kiri) bersama guru-guru SD Insan Amanah menunjukkan karya Produk Inovasi Teknologi yang akan dipamerkan di Inotek Nasional.

MALANGPOSTONLINE.COM - SD Insan Amanah mendapat kepercayaan luar biasa dari pemerintah Kota Malang. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), SD Insan Amanah dipercaya sebagai perwakilan Kota Malang sebagai peserta pameran Inovasi Teknologi (Inotek) Nasional, yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 5 September 2019 mendatang. 

Acara yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup tersebut dilaksanakan di Kota Medan Sumatera Utara. SD Insan Amanah sebagai peraih gelar The Best Inovasi Teknologi di ajang Green School Festival 2019 menjadi utusan Kota Malang untuk menghadiri acara tersebut sebagai peserta.

Dalam acara tersebut, tim SD Insan Amanah akan memamerkan sekaligus mempresentasikan karya inovasi teknologinya di depan para peserta yang lain, termasuk menteri dan bahkan juga Presiden RI yang rencananya juga akan hadir dalam acara tersebut. 

SD Insan Amanah akan mengutus dua orang guru, yaitu Imam Fahrudin, S.Pd  dan Aroma Legendaris, S.Pd.I. Keduanya akan membawa seperangkat produk inovasi teknologi ke Medan. Imam mengatakan, timnya akan membawa sepuluh produk karya inovasi teknologi yang dikembangkan selama ini oleh SD Insan Amanah. 

Seluruh karya inovasi teknologi tersebut yaitu Smart Trash Bin (tempat sampah pintar), water cleaner robot, vacuum cleaner robot, automatic solar garden light (lampu taman otomatis tenaga Surya), pembangkit listrik tenaga mikro hidro dan Smart Electric Saver (alat penghemat listrik).

Selain itu juga ada Automatic Switch Kamp LDR (Saklar lampu LDR Otomatis), Smart Air Purifier (pembersih udara tenaga Surya), pembangkit listrik tenaga Surya mini dan Automatic Smart Plant Control. 

Imam menjelaskan karya inovasi yang diciptakannya merupakan peralatan yang ramah lingkungan. Diantara sifatnya hemat energi dan bebas polusi. "Sesuai dengan tema atau dasar penciptaan alat tersebut untuk mendukung program pendidikan lingkungan di sekolah kita," terangnya. 

Dari sepuluh produk yang rencananya akan diboyong ke Medan, beberapa diantaranya sudah siap dibawa. Sementara sisanya masih proses pembenahan karena ukurannya yang perlu diperkecil. "Akhirnya kami membuat ulang, agar mudah saat dibawa dengan pesawat nanti," imbuhnya. 

Imam berharap karyanya tersebut bisa dikembangkan sehingga dapat bermanfaat untuk kalangan luas. Sebagai bentuk karya inovasi yang dibuat oleh SD Insan Amanah. "Sehingga  di era digital inovasi teknologi bisa merata. Itu yang saya cita-citakan," pungkasnya. (imm/Malangpostonline.com)

Editor : imm
Uploader : irawan
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU