Communicative English, Native dari AMINEF Ini Berbagi Teknik Bagi Guru

  • 02-09-2019 / 15:47 WIB
  • Kategori:Sekolah
Communicative English, Native dari AMINEF Ini Berbagi Teknik Bagi Guru Suasana game guru native AMINEF bersama peserta workshop Communicative Classroom Technique di SMK Mutu.

MALANGPOSTONLINE.COM - Puluhan guru SMP se Kabupaten Malang tampak antusias menyimak paparan seorang bule asal USA di aula SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi, Senin (2/9/2019). Sesekali interaksi muncul selama sesi tutorial antara native speaker ini dengan para guru. 

Mereka adalah peserta kegiatan Workshop sehari tentang Communicative Classroom Technique yang digelar SMK Rujukan Kemdikbud ini. Workshop ini digelar SMK Mutu yang tahun ini kembali melaksanakan program Fulbright AMINEF, English Teaching Assisstance (ETA).

Guru native tersebut, Lindsay Amanda Smith, menyampaikan materinya dengan bahasa pengantar full Inggris. Tak hanya model seminar, kegiatan juga dikemas menarik dengan berbagai games dan role play (bermain peran).

"The material is about introducing ourselves. But, I want you introduce each other with your partner. So, please two pairs come forward being volunteers," kata Miss Lindsay, meminta para guru memahami intruksinya.  

Teknik pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan komunikatif ini tampak begitu interaktif dan menyenangkan. Dengan teknik ini, juga lebih menarik dan bisa peserta menjadi lebih komunikatif karena terjadi dialog selama bermain peran atau pun games.

Salah satu peserta, Nuroy Ahyana Laili yang merupakan guru bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 10 Turen, mengaku antusias dengan teknik pembelajaran yang diikutinya. 

Menurutnya, materi yang disampaikan menarik, jadi bisa belajar memahami materi sambil permainan.

"Sangat berkesan, menambah pengalaman baru cara mengajar yang menyenangkan dan kreatif," katanya. 

Selain Miss Lindsay Amanda, juga dihadirkan fasilitator lain yang juga guru native program ETA AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), yakni Yuta Otake. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU