Guru dan Siswa SMAN 7 Malang Dididik Tanggap Bencana

  • 04-09-2019 / 15:07 WIB
  • Kategori:Sekolah
Guru dan Siswa SMAN 7 Malang Dididik Tanggap Bencana Siswa-siswi SMAN 7 Malang berhamburan keluar kelas dalam simulasi tanggap bencana gempa bersama BPBD.

MALANG - Sebagai sekolah yang ditunjuk oleh Pusat Kurikulum (Puskur) sebagai sekolah rintisan vokasi dan penanggulangan bencana, SMAN 7 Malang menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang untuk menggelar simulasi bencana, Rabu (4/9). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan pendidikan aman bencana.

"Kita pilih cara menanggulangi bencana gempa dan kebakaran, kalau seandainya terjadi bencana, semuanya baik itu guru dan siswa sudah paham, sudah diedukasi tentang penanggulangan bencana," ungkap Kepala Sekolah SMAN 7 Malang, Herlina Wahyuni, M.Pd.

Sejauh ini, SMAN 7 Malang menjadi satu-satunya sekolah tingkat menengah atas di Kota Malang yang ditunjuk oleh Puskur sebagai sekolah vokasi dan penanggulangan bencana. Oleh karenanya sejumlah kurikulum mata pelajaran juga telah disisipkan dengan materi tanggap bencana. Selain itu, kurikulum tanggap bencana juga masuk pada sejumlah ekstrakurikuler seperti PMR dan Pramuka.

"Pada beberapa mata pelajaran kita kuatkan terkait materi tanggap bencana. Kebetulan ini kali pertama kita lakukan simulasi bencana, tentu jika ini berdampak baik maka akan kita tularkan juga kepada sekolah lain. Karena sekolah kami ditunjuk sebagai sekolah perintis," lanjutnya.

Lebih lanjut, sejumlah siswa SMAN 7 yang tergabung dalam ekstrakurikuler teater kali ini juga terlibat pada simulasi bersama dengan BPBD dan Damkar. Mereka berperan untuk membuat simulasi bencana menjadi lebih nyata. Kemudian pihak sekolah akan mendokumentasikannya dalam sebuah video dan mengirimkannya ke Puskur.

"Videonya nanti akan kita kirim ke Puskur, nanti siswa-siswi diminta melakukan simulasi dengan serius, karena selain mereka bisa mendapat pengetahuan tanggap bencana dengan baik, nanti juga akan kita dokumentasikan dan dikirim ke pusat," imbuhnya. (mg3/oci/Malangpostonline.com)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : asa
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU