Tiga Guru SMK Mutu Gondanglegi Beri Diklat Diesel Common Rail di Malaysia

  • 06-09-2019 / 16:32 WIB
  • Kategori:Sekolah
Tiga Guru SMK Mutu Gondanglegi Beri Diklat Diesel Common Rail di Malaysia

MALANG - Pelatihan singkat teknologi mesin diesel common rail digelar bagi para guru SMK di Malaysia, 2-5 September 2019. Tiga guru SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi didatangkan khusus menjadi instruktur pelatihan ini. 

Pelatihan Kolej Vokasional (Guru SMK) se Malaysia ini diselenggarakan oleh Al-Najjah Enterprise Malaysia, dan berlangsung selama tiga hari di Sinawang Negeri Sembilan Malaysia. Tiga instruktur dari SMK Mutu ini adalah DR Moh. Harley MT (koordinator), Nur Salam MT dan Catur Sunariadi MPd.

Dikatakan Catur Sunariadi, common rail memang banyak dipakai teknologi otomotif mesin double cabin. Teknologi ini merupakan perkembangan terkini untuk mesin diesel, dan banyak dipakai untuk mobil Pajero, Furtuner, dan lainnnya. 

"Selama kursus singkat ini, materi lebih banyak diajarkan memanfaatkan media simultor. Kami berikan kompetensi perawatan berkala common rail. Di Malaysia sekarang memang lagi tren mobil diesel fuel injeksi," ungkapnya. 

Diakui Catur, permintaan mengajar ini bermula dari pengakuan atas prakarsa SMK Mutu dalam pembuatan simulator media pembelajaran berbasis komputer, yang dikembangkan bersama mitranya dua tahun terakhir. Simulator media pembelajaran TeFa SMK Mutu inipun masih satu-satunya dikembangkan di Indonesia.

Menurutnya, tim Instruktur SMK Mutu pun cukup senang hasil penilaian angket dari peserta yang disebar oleh Kementerian Pendidikan Malaysia tentang kepuasan penyampaian materi training Diesel Common rail.

"Alhamdulillah, penilaian penyampaian materinya oleh Instruktur Indonesia (Tim SMK Mutu) dengan hasil 'Sangat Puas'," imbuh Catur.

Pada akhir pelatihan ini ditutup dengan pesan dan kesan oleh peserta sekaligus penyerahan Piagam Pelatihan dari koordinator instruktur Dr. M Harley kepada peserta. Peserta mengharapkan sekali bisa diadakan pelatihan lanjutan yang serupa. (min/Malangpostonline.com]

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU