Dukungan Psikologi Awal Cukup, Atasi Lebih Dini Masalah Situasional Anak

  • 11-09-2019 / 19:18 WIB
  • Kategori:Sekolah
Dukungan Psikologi Awal Cukup, Atasi Lebih Dini Masalah Situasional Anak Anik Budi Utami, dari Subdit Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud.

MALANG - Sebagai anak, pelajar juga perlu mendapatkan intervensi sesuai masa perkembangannya. Dukungan psikologi sejak dini yang cukup, akan membantu mengatasi masalah situasional yang dialami di sekolah.

Sosialisasi bagaimana penguatan Dukungan Psikologi Awal (DPA) ini diberikan kepada sejumlah sekolah di Aula SMAN 1 Kepanjen, Rabu (11/9/2019). Hadir narasumber utama dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Program Dukungan Psikologi Awal ini menjadi upaya Kemendikbud membantu pemecahan masalah psikologis yang sewaktu-waktu dihadapi anak. Setidaknya, kondisi situasional anak saat bermasalah psikologisnya cepat tertangani," demikian Anik Budi Utami, SPsi, dari Subdit Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud, Rabu (11/9) siang.

Dikatakan, program DPA ini sudah didorong sejak 2017 silam, dan masih harus dilakukan secara massif. Terlebih, lanjutnya, masalah psikologis cukup rentan dialami remaja usia sekolah.

"Psikologi labil memang dimiliki anak masa perkembangan seperti remaja. Kondisi lingkungan, pencarian jati diri, bisa mempengaruhi psikologisnya. Jadi, harus didukung, ketika menghadapi situasi yang sulit dipecahkannya," imbuh perempuan yang sehari-hari bergelut urusan Analis Pendidikan ini.

Dengan dukungan kuat, kata Anik, karakter dan perilaku positif anak juga bisa dibangun. Seperti, kemampuan mengatasi masalah, kemandirian, dan lainnya.

"Karakter kuat memang dibentuk dari psikologi. Jangan sampai anak mudah putus asa, karena kurang dukungan," tegasnya.

Tak sebatas sosialisasi, berbagai contoh praktik baik (best practices) DPA di beberapa satuan pendidikan juga dipaparkan. Peserta juga diajak melakukan simulasi DPA menangani masalah klien dengan model sejumlah siswa. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU